KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIANALISIS DENGAN METODE GRADED RESPONSE MODELS (GRM) BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIKNYA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI MTsN 6 TULUNGAGUNG

17204163163, WINDY ARIANTI (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIANALISIS DENGAN METODE GRADED RESPONSE MODELS (GRM) BERDASARKAN KEMAMPUAN AKADEMIKNYA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Yang Dianalisis Dengan Metode Graded Response Models (GRM) Berdasarkan Kemampuan Akademiknya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di MTsN 6 Tulungagung”. Skripsi ini ditulis oleh Windy Arianti, NIM. 17204163163, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Graded Response Models (GRM). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengungkapkan aspek berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan pada kurikulum 2013 yang diminta siswa dapat mengerjakan soal-soal tipe high-order thinking salah satunya dengan latihan soal HOTS. Untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa dapat diukur dengan tes dan dinilai dengan menggunakan penilaian Graded Response Models (GRM) dengan tujuan untuk menampilkan estimasi parameter butir dan kemampuan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsiskan kemampuan siswa berpikir kritis yang memiliki kemampuan akademik tinggi dan dianalisis dengan metode GRM berdasarkan pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Negeri 6 Tulungagung (2) mendeskripsiskan kemampuan siswa berpikir kritis yang memiliki kemampuan akademik sedang dan dianalisis dengan metode GRM berdasarkan kemampuan akademik sedang pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Negeri 6 Tulungagung (3) mendeskripsiskan kemampuan siswa berpikir kritis yang memiliki kemampuan akademik rendah dan dianalisis dengan metode GRM berdasarkan kemampuan akademik rendah pada materi sistem persamaan linear dua variabel di MTs Negeri 6 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Negeri 6 Tulungagung dengan subjek penelitian ini yaitu 6 siswa yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Metode pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Tes berbentuk essay sebanyak 2 soal HOTS berdasarkan indikator berpikir kritis. Wawancara dilakukan untuk memperluas informasi siswa.Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara:(1)meningkatkan kecermatan dalam penelitian, (2) triangulasi, (3)pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan kemampuan akademik tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi pula dan memenuhi semua indikator berpikir kritis yaitu FRISCO (focus, reason, inference, situation, clarity, overview), (2) siswa dengan kemampuan akademik sedang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang pula dan memenuhi beberapa indikator yaitu focus, reason, inference, clarity. (3) siswa dengan kemampuan akademik rendah memiliki kemampuan berpikir kritis rendah pula dan memenuhi sedikit indikator yaitu situation dan kurang mampu dalam indikator inference.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: WINDY ARIANTI 17204163163
Date Deposited: 24 Aug 2020 01:52
Last Modified: 24 Aug 2020 01:52
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16109

Actions (login required)

View Item View Item