PENGARUH KEGIATAN KOLASE BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN DASAR ANAK DI KELOMPOK B TK DARMA WANITA 01 GEMBONGAN KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR

17206163043, LUTVIANA FARIDA (2020) PENGARUH KEGIATAN KOLASE BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN DASAR ANAK DI KELOMPOK B TK DARMA WANITA 01 GEMBONGAN KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (120kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul: “ Pengaruh Kegiatan Kolase Berbasis Saintifik terhadap Kemampuan Dasar Anak di Kelompok B TK Darma Wanita 01 Gembongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar” ditulis oleh Lutviana Farida, NIM. 17206163043, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing: Eriffa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : Kolase, kemampuan Dasar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat dan rendahnya kemampuan dasar anak usia 5-6 tahun. Hal ini dikarenakan kurang beragamnya kegiatan dalam pembelajaran, guru masih menggunakan model pembelajaran teacher center sehingga pembelajaran bersifat pasif dan membosankan. Sehingga peneliti menggunakan kegiatan kolase berbasis saintifik yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dasar anak, diantaranya kemampuan motorik halus anak, kemampuan bahasa anak dan kemampuan kognitif anak. Adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui pengaruh kegiatan kolase berbasis saintifik terhadap kemampuan motorik halus anak. 2) Untuk mengetahui pengaruh kegiatan kolase berbasis saintifik terhadap Kemampuan bahasa anak. 3) Untuk mengetahui pengaruh kegiatan kolase berbasis saintifik terhadap Kemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B TK Darma Wanita 01 Gembongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Sempel dalam penelitian ini menggunakan teknik sempel jenuh yaitu seluruh kelompok B TK Darma Wanita 01 Gembongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Man Whitney. Dari hasil analisis uji Mann Whitney diperoleh dari hasil post test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen untuk kemampuan motorik halus anak diperoleh nilai Asymp.sig (2 tailed) 0,001< 0,05. hasil post test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen untuk kemampuan bahasa anak diperoleh nilai Asymp.sig (2tailed) 0,001< 0,05. hasil post test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen untuk kemampuan kognitif anak diperoleh nilai Asymp.sig (2 tailed) 0,001< 0,05. hasil post test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen untuk kemampuan dasar anak diperoleh nilai Asymp.sig (2 tailed) 0,000< 0,05. Dapat disimpulkan dari uji rumusan masalah diatas bahwa Ha di terima dan Ho ditolak, jadi terdapat pengaruh kegiatan kolase berbasis saintifik terhadap kemampuan dasar anak di kelompok B TK Darma Wanita 01 Gembongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: Mahasiswa Lutviana Farida 17206163043
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:01
Last Modified: 24 Aug 2020 02:01
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16108

Actions (login required)

View Item View Item