PENDIDIKAN AKHLAK BAGI SANTRI PADA KITAB WASHAYA AL-ABAA’ LIL ABNAA’ KARYA SYAIKH MUHAMMAD SYAKIR (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung)

LAILATUL LUTFAH, 17201163311 (2020) PENDIDIKAN AKHLAK BAGI SANTRI PADA KITAB WASHAYA AL-ABAA’ LIL ABNAA’ KARYA SYAIKH MUHAMMAD SYAKIR (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (539kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (943kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pendidikan Akhlak bagi Santri pada Kitab Washaya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ Karya Syaikh Muhammad Syakir (Studi Kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung) Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Lailatul Lutfah, NIM. 17201163311, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Suwanto, M.S.I., NIP. 198512122018011002 Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Kitab Washaya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pentingnya pendidikan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Maka perlu untuk mempelajari, memahami, dan menerapkan pendidikan akhlak. Keberadaan pondok pesantren sangat berperan penting untuk mengajarkan pendidikan akhlak seperti halnya di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung, dimana pondok ini sangat konsisten dan selalu terpantau dalam membimbing, mendidik dan menanamkan nilai-nilai akhlak, banyak alumni yang lulusan menjadi orang-orang sukses setelah keluar dari pondok tersebut seperti ketua Depag, ketua fatayat muslimat dan lain sebagainya, sehingga menarik bagi peneliti untuk meneliti dan mengkaji lebih mendalam pendidikan akhlak santri melalui kitab Washaya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ dalam kehidupan dan kegiatan sehari hari di pondok tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan Penerapan Pendidikan Akhlak bagi Santri pada Kitab Washaya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ Karya Syaikh Muhammad Syakir (Studi Kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi ien Asrama Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung). (2) Untuk Mendeskripsikan dampak Pendidikan Akhlak bagi Santri pada Kitab Washaya Al Abaa’ Lil Abnaa’ Karya Syaikh Muhammad Syakir (Studi Kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung). (3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Pendidikan Akhlak bagi Santri pada Kitab Washaya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ Karya Syaikh Muhammad Syakir (Studi Kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, keajekan pengamatan, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi waktu), menggunakan bahan refrensi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan pendidikan akhlak bagi Santri pada Kitab Washaya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir (Studi Kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung) adalah dengan menghormati guru sesuai materi kitab Washaya pada bab adab dalam menuntut ilmu dan membiasakan shalat berjama’ah sesuai materi kitab Washaya pada bab adab beribadah. (2) Dampak pendidikan akhlak bagi Santri pada Kitab Washaya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ karyaSyaikh Muhammad Syakir (Studi Kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi ien Asrama Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung) adalah dengan mendengarkan ketika guru menerangkan pembelajaran kitab Washaya maka ilmu menjadi bermanfaat sesuai materi kitab Washaya pada bab adab dalam menuntut ilmu dan menghormati teman maka saling akrab antar teman sesuai materi kitab Washaya pada bab hak dan kewajiban terhadap teman. (3) Evaluasi pendidikan akhlak bagi Santri pada Kitab Washaya Al-Abaa’ Lil Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir (Studi Kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung) adalah dengan kegiatan syawir sesuai materi kitab Washaya pada bab adab muthola’ah, berdiskusi dan berdebat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAILATUL LUTFAH 17201163311
Date Deposited: 08 Sep 2020 01:29
Last Modified: 08 Sep 2020 01:29
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16104

Actions (login required)

View Item View Item