PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII A DI MTS PANDEAN PROBOLINGGO

17209163021, ZUL FATUL LAILAH (2020) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII A DI MTS PANDEAN PROBOLINGGO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (779kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (368kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sikap Sosial Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII A Di MTs Pandean Probolinggo” ini ditulis oleh Zul Fatul Lailah, NIM 17209163021, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Bagus Setiawan, M. Pd. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Sikap Sosial dan Penilaian Karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran terhadap nilai-nilai moral atau karakter peserta didik yang sudah mulai hilang. Hal ini ditandai dengan banyaknya fenomena-fenomena sosial yang mengakibatkan rendahnya kualitas pendidikan dan berdampak buruk pada karakter dan sikap sosial generasi muda. Pentingnya pendidikan di zaman sekarang juga harus diimbangi dengan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial sehingga tidak terjadi kerusakan pada perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, diperlukan penerapan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik terutama pada jenjang sekolah menengah pertama untuk diterapkan dengan baik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses penerapan pendidikan karakter dalam pembentukan sikap sosial peserta didik pada pembelajaran IPS terpadu kelas VIII A di MTs Pandean Probolinggo? (2) Bagaimana sikap sosial yang di bentuk pada pembelajaran IPS terpadu kelas VIII A di MTs Pandean Probolinggo? (3) Bagaimana penilaian karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik pada pembelajaran IPS terpadu kelas VIII A di MTs Pandean Probolinggo? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan (1) proses penerapan pendidikan karakter dalam pembentukan sikap sosial peserta didik pada pembelajaran IPS terpadu kelas VIII A di MTs Pandean Probolinggo (2) sikap sosial yang di bentuk pada pembelajaran IPS terpadu kelas VIII A di MTs Pandean Probolinggo (3) penilaian karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik pada pembelajaran IPS terpadu kelas VIII A di MTs Pandean Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Pandean Probolinggo. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Penerapan nilai-nilai karakter pada perangkat pembelajaran (RPP) yang digunakan dalam kegiatam pembelajaran yang meliputi: religius, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, kreatif, kerja sama dan toleransi (2) Nilai sikap sosial yang dibentuk pada pemeblajaran IPS meliputi: disiplin, jujur, tanggung jawab, santun dan gotong royong (3) Penilaian karakter dalam membentuk sikap sosial yang digunakan yaitu berupa observasi pengamatan yang disebut jurnal guru untuk mengamati tingkah laku dan sikap peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S.Pd Zulfatullailah 17209163021
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:37
Last Modified: 03 Sep 2020 02:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16100

Actions (login required)

View Item View Item