STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMATANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MAMBA’US SHOLIHIN BLITAR

ROFIATIN NAIMAH, 17201163010 (2020) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMATANGAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MAMBA’US SHOLIHIN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kematangan Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Mamba’us Sholihin Blitar” ini ditulis oleh Rofiatin Naimah, NIM. 17201163010, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Tahun 2020, Yang dibimbing oleh Dr. Hj. Ida Isnawati, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Kematangan Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan penerapan pendidikan yang berfungsi mengembangkan kemampuan, membentuk watak dan peradaban serta bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik sesuai fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional yang tercantum pada UU Sisdiknas 2003. Penerapan pendidikan yang sesuai Pendidikan Nasional tidak terlepas dari pendidikan profesional guru terlebih menjadi Guru PAI dalam mendidik sekaligus memberikan suri tauladan, melainkan juga mengarahkan peserta didik pada taraf pencapaian kematangan belajar supaya tercipta tujuan pengajaran yang optimal sesuai ajaran Islam. SMP Mamba’us Sholihin Blitar berbasis boarding school secara tidak langsung telah mempersiapkan kematangan belajar peserta didiknya diimbangi adanya pelayanan Guru PAI yang berkompeten sesuai bidangnya. Fokus masalah dalam penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana strategi Guru PAI dalam meningkatkan kematangan belajar pada aspek readiness peserta didik kelas VIII SMP Mamba’us Sholihin Blitar?, (2) Bagaimana strategi Guru PAI dalam meningkatkan kematangan belajar pada aspek pemusatan perhatian (konsentrasi) peserta didik kelas VIII SMP Mamba’us Sholihin Blitar?, (3) Bagaimana strategi Guru PAI dalam meningkatkan kematangan belajar pada aspek berpikir reflektif dan kreatif peserta didik kelas VIII SMP Mamba’us Sholihin Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan strategi Guru PAI dalam meningkatkan kematangan belajar pada aspek readiness peserta didik kelas VIII SMP Mamba’us Sholihin Blitar, (2) Mendeskripsikan strategi Guru PAI dalam meningkatkan kematangan belajar pada aspek pemusatan perhatian (konsentrasi) peserta didik kelas VIII SMP Mamba’us Sholihin Blitar, (3) Mendeskripsikan strategi Guru PAI dalam meningkatkan kematangan belajar pada aspek berpikir reflektif dan kreatif peserta didik kelas VIII SMP Mamba’us Sholihin Blitar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian berada di SMP Mamba’us Sholihin Blitar. Teknik pengumpulan data melalui wawancara jenis informal, observasi partisipan, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat), keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi Guru PAI pada aspek readiness peserta didik kelas VIII adalah dengan menggunakan sistem pendekatan berupa rangsangan motivasi, perumpamaan dari kisah riil sekaligus penyebutan nama peserta didik pada suatu permasalahan dan outdoor. Langkah-langkah Guru PAI dimulai dari pemilihan materi (persiapan diri dengan belajar kepada guru senior dan selalu up to date), penyampaian materi (urutan penyampaian suksesif), dan pengelolaan kegiatan pembelajaran (menghidupkan kelas dengan ice breaking) (2) Strategi Guru PAI pada aspek pemusatan perhatian (konsentrasi) peserta didik kelas VIII adalah memperbanyak komunikasi saat pembelajaran, menggunakan metode ceramah dan tanya jawab setiap kali tatap muka di kelas. Selain itu, Guru PAI juga membangun kepercayaan dan kenyamanan bersama peserta didik, dan (3) Strategi Guru PAI pada berpikir reflektif dan kreatif peserta didik kelas VIII adalah menggunakan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ROFIATIN NAIMAH 17201163010
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:19
Last Modified: 03 May 2021 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16096

Actions (login required)

View Item View Item