PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS IV MIN 11 BLITAR

ANNISA RAHMA MAULIDA, 17205163208 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS IV MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas IV MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Annisa Rahma Maulida, NIM 17205163208, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Sokip, M. Pd. I. Kata Kunci : Media Audio Visual dan Keterampilan Menulis Eksposisi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terciptanya suasana aktif dan menyenangkan, kemudian penyajian materi yang kurang menarik sehingga siswa mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis, dan motivasi belajar siswa kurang, hal ini menyebabkan tidak maksimalnya siswa dalam menyerap pembelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan menulis. Maka guru diharapkan mampu mengembangkan keterampilan pengguaan media pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan materi, sehingga siswa tidak bosan dalam pembelajaran keterampilan menulis. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Adakah pengaruh penggunaan media audio terhadap keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas IV MIN 11 Blitar? 2) Adakah pengaruh penggunaan media visual terhadap keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas IV MIN 11 Blitar? 3) Adakah pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas IV MIN 11 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio terhadap keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas IV MIN 11 Blitar. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas IV MIN 11 Blitar. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas IV MIN 11 Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya Quasi Eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang media audio visual terhadap keterampilan menulis eksposisi, sedangkan tes untuk memperoleh data hasil belajar dengan menggunakan media audio visual terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa kelas IV MIN 11 Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan media audio terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa kelas IV MIN 11 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan Uji t-test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media audio terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa kelas IV MIN 11 Blitar. 2) Ada pengaruh yang signifikan media visual terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa kelas IV MIN 11 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan Uji t-test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media visual terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa kelas IV MIN 11 Blitar. 3) Ada pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa kelas IV MIN 11 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan Uji Anova diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa kelas IV MIN 11 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ANNISA RAHMA MAULIDA 17205163208
Date Deposited: 18 Aug 2020 07:53
Last Modified: 07 May 2021 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16088

Actions (login required)

View Item View Item