KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs IMAM AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

17201163044, APRILIA SUCI SYAHRENA (2020) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs IMAM AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (706kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (640kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan” ini ditulis oleh Aprilia Suci Syahrena, NIM : 17201163044, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Kualitas Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sekarang ini banyak kita jumpai sekolah-sekolah yang masih menggunakan metode dan media dengan seadanya dalam artian monoton dan yang mudah untuk digunakan seperti halnya metode ceramah dan media papan tulis. Kreativitas guru yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena dengan kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran akan membuat proses pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan. Jika proses pembelajaran menarik dan menyenangkan akan meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa semakin faham mengenai materi yang disampaikan dan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan sumber pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo? (3) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo. Data penelitian adalah kreativitas guru dalam pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak, kepala sekolah, waka kurikulum dan siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, pemaparan atau penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dari perpanjang keikutsertaan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian ini melalui tahap pendahuluan/persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode yang bervariasi dan tepat dalam pembelajaran. Variasi metode mengajar yang digunakan antara lain: metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode resitasi, dan membuat inovasi metode role play. Penggunaan metode yang bervariasi bertujuanagar proses pembelajaran lebih menarik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran (2) Kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar yaitu guru memanfaatkan sumber belajar yang ada di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Sumber belajar didalam sekolah meliputi LKS, buku paket, buku perpustakaan, Al-Qur’an dan terjemah. Sumber belajar yang ada diluar sekolah meliputi mushola dan alam sekitar (3) Kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran yaitu guru kreatif dalam menggunakan media yang beragam dan bervariatif yang sesuai dengan materi pelajaran, situasi dan kondisi siswa. Media yang digunakan guru yaitu media visual dan media audiovisual. Media visual misalnya gambar, peta konsep. Media audiovisual misalnya video, laptop, LCD proyektor.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: APRILIA SUCI SYAHRENA 17201163044
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:29
Last Modified: 24 Aug 2020 02:29
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16085

Actions (login required)

View Item View Item