STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTs IMAM AL GHOZALI PANJEREJO TULUNGAGUNG

17201163009, MANZILATUR ROHMAH (2020) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTs IMAM AL GHOZALI PANJEREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (274kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung” ini ditulis oleh Manzilatur Rohmah, NIM. 17201163009, Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. Kata kunci: Strategi guru, Kecerdasan emosioanal Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah konteks di dalam pendidikan bahwasanya, keberhasilan peserta didik bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual dan spiritualnya saja, tetapi ada kecerdasan lain yang ikut menentukan yakni kecerdasan emosional. Dalam hal ini penelitian menghubungkan dengan strategi guru fiqih dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung. Hal ini mengingat bahwa mata pelajaran fiqih perlu adanya praktek langsung sehingga akan membuat peserta didik faham apabila kecerdasan emosional diterapkan lewat pelajaran fiqih. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1). Bagaimana strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Tulungagung? 2). Bagaimana startegi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan memotivasi peserta didik di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung? 3). Bagaimana strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan peserta didik mengenali emosi orang lain di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Tulungagung. 2). Untuk mendeskripsikan strategi guru fiqih dalam memotivasi peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Tulungagung. 3. Untuk mendeskripsikan strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan peserta didik mengenali emosi orang lain di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Tulungagung. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah reduksi data, pemaparan atau penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan data yang terkumpul, selanjutnya ditempuh beberapa teknik keabsahan data, meliputi: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran berorientasi aktivitas peserta didik. Strategi pembelajaran sikap seperti pembiasaan melakukan amaliah-amaliah keislaman yaitu sholat dhuha berjamaah, kultum sebelum sholat dhuhur, sholat dhuhur berjamaah. 2). Strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan memotivasi peserta didik dengan memberikan nasihat, memberikan reward and punishment, keteladanan dan motivasi. 3). Strategi guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan peserta didik mengenali emosi orang lain dengan menumbuhkan sikap tolong menolong, rasa empati dan gotong royong, pembiasaan berjabat tangan, metode pembelajaran kooperatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MANZILATUR ROHMAH 17201163009
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:22
Last Modified: 24 Aug 2020 02:22
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16082

Actions (login required)

View Item View Item