KARAKTERISTIK BERPIKIR INTUITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII-D MTsN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

17204163162, BINTI ROUDHOTUL AZIIZAH (2020) KARAKTERISTIK BERPIKIR INTUITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII-D MTsN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (348kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB)

Abstract

Skripsi dengan judul, “Karakteristik Berpikir Intuitif dalam Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII-D MTsN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020” ditulis oleh Binti Roudhotul Aziizah. NIM. 17204163162, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci: Karakteristik Berpikir Intuitif, Gaya Kognitif, Pemecahan Masalah Berpikir intuitif merupakan proses berpikir yang memunculkan ide dan solusi secara seketika yang sifatnya langsung atau tiba-tiba untuk menemukan cara yang terbaik dan memahami masalah matematika. Berpikir intuitif sangat berguna dalam pemecahan masalah. Namun demikian kurangnya perhatian guru terhadap karakteristik berpikir intuitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, sehingga siswa belum sepenuhnya melibatkan intuisinya dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasikan karakteristik berpikir intuitif siswa yang bergaya kognitif (field independent dan field dependent) dalam menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik berpikir intuitif siswa dengan gaya kognitif Field Independent dalam memecahkan masalah matematika. (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik berpikir intuitif siswa dengan gaya Field Dependent dalam memecahkan masalah matematika. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menetapkan empat subjek penelitian dan satu masalah utama, yaitu masalah matematika. Keempat subjek penelitian tersebut terdiri atas dua subjek bergaya kognitif field independent (GKFI) dan dua subjek bergaya kognitif field dependent (GKFD). Peneliti juga melakukan wawancara secara mendalam terhadap empat subjek tersebut. Wawancara tersebut dilakukan pada saat atau setelah subjek menyelesaikan tugas atau masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di MTs Negeri 5 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes yang diberikan terdiri dari dua tes yaitu tes Group Embedded Figure Test (GEFT) dan Test Pemecahan Masalah Matematika. Untuk teknik wawancara yang digunakan untuk mendalami kemampuan berpikir intuitif subjek. Hasil penelitian ini adalah: pertama karakteristik berpikir intuitif yang digunakan siswa bergaya koginitif field independent (GKFI) dalam menyelesaikan masalah matematika adalah directly, globaly dan power of synthesis, Subjek GKFI pada saat memahami dan menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya. Kedua Karakteristik berpikir intuitif yang digunakan siswa bergaya koginitif field dependent (GKFD) dalam menyelesaikan masalah matematika adalah directly, globaly, dan power of synthesis, Subjek tidak melibatkan atau mengabaikan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya dalam menyelesaikan masalah. Subjek sama sekali tidak meniru langkah penyelesaian yang serupa dengan pengetahuan masa lalunya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: binti aziizah
Date Deposited: 18 Aug 2020 08:13
Last Modified: 18 Aug 2020 08:13
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16080

Actions (login required)

View Item View Item