IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN MINAT DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi multi situs di SDI Miftakhul Huda dan SDI Al Azhar Tahun Pelajaran 2017/2018)

17505164024, LAILATUL QIBTIYAH (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENUMBUHKAN MINAT DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi multi situs di SDI Miftakhul Huda dan SDI Al Azhar Tahun Pelajaran 2017/2018). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (360kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (16MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (318kB)

Abstract

ABSTRAK Lailatul Qibtiyah, 2018. Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Menumbuhkan Minat dan Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi multi situs di SDI Miftakhul Huda dan SDI Al Azhar Tahun Pelajaran 2017/2018). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd dan (2) Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Tematik, Minat, Prestasi Belajar Kurikulum yang sekarang ini dianggap pemerintah paling mampu menjadi pandangan baru dalam fokus acuan pendidikan adalah kurikulum 2013. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, kurikulum 2013 dalam mengimplementasikannya di-klaim dapat memberikan solusi bagi terkendalanya kemajuan bangsa Indonesia melalui guruan karakter yang memiliki pendekatan ilmiah (scientific approach) sehingga output pendidikan yang dihasilkan akan sesuai dengan harapan. Pembelajaran tematik yang diharapkan mampu menumbuhkan minat dan meningkatkan prestasi belajar. Pada dasarnya pembelajaran tematik ini memfokuskan pada student center (pembelajaran yang berpusat pada siswa). Dalam pembelajaran tematik ini menggunakan pendekatan ilmiah (scientific), yang terdiri dari mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikannya. Jika dilihat dari langkah-langkah pendekatan saintifik, sepertinya akan mudah jika pendekatan ini diterapkan dalam mata pelajaran sains karena di dalamnya memang merupakan langkah-langkah yang sering digunakan dalam sains, seperti mengamati objek, mencari informasi, menalar, mencoba, dan seterusnya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan cara guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik untuk menumbuhkan minat dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik studi multi situs di SDI Miftahul Huda dan SDI Al Azhaar tahun pelajaran 2017/2018. Adapun pertanyaan penelitiannya sebagai berikut: (l) Bagaimanakah persiapan pembelajaran tematik dalam menumbuhkan minat dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDI Miftakhul Huda dan SDI Al Azhaar? (2) Bagaimanakah tahap-tahap pembelajaran tematik dalam menumbuhkan minat dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDI Miftakhul Huda dan SDI Al Azhaar? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik dalam menumbuhkan minat dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDI Miftakhul Huda dan SDI Al Azhaar? Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jika ditinjau dari sudut kemampuan atau kemungkinan penelitian dapat memberikan informasi atau penjelasan maka penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Jenis penelitiannya menggunakan rancangan studi situs. Sumber data diidentifikasikan menjadi 3 yaitu person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data Situs tunggal dilakukan melalui pengumpulan data dan membuat catatan-catatan, deskripsi dan mengklasifikasi data, representasi dan visualisasi, serta analisis data lintas situs. Untuk menguji data digunakan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitiannya adalah (1) Persiapan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru tematik untuk menumbuhkan minat dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik yaitu menyiapkan perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus dan RPP. (2) Tahap-tahap pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru-guru tematik untuk menumbuhkan minat dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik meliputi tiga tahapan utama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan), dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru-guru tematik untuk menumbuhkan minat dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah evaluasi proses dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: LAILATUL QIBTIYAH 17505164024
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:17
Last Modified: 18 Aug 2020 04:17
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16078

Actions (login required)

View Item View Item