PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI FINGER PAINTING PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL ANWAR MRICAN KOTA KEDIRI

17206163081, LUTFIYATI UNSIYAH ZULFA (2020) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK MELALUI FINGER PAINTING PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL ANWAR MRICAN KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (590kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Kreativitas Anak melalui Finger Painting pada Kelompok B di Raudhatul Athfal Al Anwar Mrican Kota Kediri” ini ditulis oleh Lutfiyati Unsiyah Zulfa, NIM 17206163081, dibimbing oleh Errifa Susilo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masa anak usia dini adalah masa kritis bagi anak untuk itu aspek perkembangan anak harus dikembangkan dengan maksimal. Karena apapun yang daiajarkan sejak dini pasti akan mereka bawa hingga dewasa. Dengan sebuah fenomena dimana anak menyukai kegiatan bermain seperti pada kegiatan finger painting yang merupakan pembelajaran yang menyenangkan. Karena pada kegiatan ini menggunakan adonan warna untuk diaplikasikan di atas kertas putih dan anak bebas menentukan warna-warni sesuai dengan pilihannya. Serta dewasa ini kreativitas sangat diperlukan untuk menumbuhkan pemikiran baru dan pemecahan masalah mengingat di dalam kehidupan ini tidak terlepas dari sebuah masalah dan pemecahan masalah. Kreativitas tidak terlepas dari proses berpikir dan menghasilkan sesuatu. Untuk itu peneliti menghubungkan masalah kreativitas dengan aspek perkembangan kognitif dan aspek perkembangan seni, untuk itu penelitian ini hendak segera dilaksanakan agar dapat mengembangkan kreativitas sejak dini. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana finger painting dapat mengembangkan aspek kognitif anak usia dini kelompok B di RA Al-Anwar Mrican Kota Kediri ? (2) Bagaimana finger painting dapat mengembangkan aspek seni anak usia dini kelompok B di RA Al-Anwar Mrican Kota Kediri ? Adapun yang menjadi Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan langkah finger painting yang dapat mengembangkan aspek kognitif anak usia dini kelompok B di RA Al-Anwar Mrican Kota Kediri. (2) mendeskripsikan langkah finger painting yang dapat mengembangkan aspek seni anak usia dini kelompok B di RA Al-Anwar Mrican Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan mendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengupulan data menggunakan observasi partisipasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Dengan pengecekan keabsahan data berupa uji derajat kepercayaan (credibility), uji keteralihan (transferability), uji kebergantungan (dependability), dan uji kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa langkah finger painting yang dapat mengembangkan aspek kognitif yaitu kegiatan tanya jawab, proses pencampuran warna, inisiatif bertanya dan menjelaskan mengenai gambar, menghasilkan gambar, proses menjemur hasil gambar, dan merapikan peralatan. Sedangkan finger painting yang dapat mengembangkan aspek seni adalah kegiatan bernyanyi sambil bertepuk, kegiatan memperpadukan warna, dan menghasilkan gambar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: LUTFIYATI UNSIYAH ZULFA 17206163081
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:24
Last Modified: 18 Aug 2020 02:24
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16068

Actions (login required)

View Item View Item