PEMBELAJARAN BERBASIS MULTILITERASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VERBAL PAI (Studi Multikasus di SMKN 1 Pogalan Trenggalek dan SMAN 1 Gondang Tulungagung )

12506174050, MOH. RIZAL AFFANDI (2020) PEMBELAJARAN BERBASIS MULTILITERASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN VERBAL PAI (Studi Multikasus di SMKN 1 Pogalan Trenggalek dan SMAN 1 Gondang Tulungagung ). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK Affandi, Mohammad Rizal. 2019. Pembelajaran Berbasis Multiliterasi dalam Meningkatkan Keterampilan PAI (Studi Multikasus di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 1 Gondang Tulungagung). Tesis, Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Tesis: Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I dan Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Dalam dunia pendidikan, peserta didik dituntut untuk lebih aktif ,kreatif, inovatif baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Agar peserta didik bisa lebih aktif, maka diperlukan model pembelajaran yang sesuai. pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran berbasis multiliterasi. Dengan model pembelajaran ini, siswa dapat bersaing di era globalisasi . Fokus penelitian tesis ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran berbasis multiliterasi dalam meningkatkan keterampilan PAI di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 1 Gondang? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis multiliterasi dalam meningkatkan keterampilan PAI di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 1 Gondang? 3). Bagaimana evaluasi pembelajaran berbasis multiliterasi dalam meningkatkan keterampilan PAI di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 1 Gondang? Dilihat dari sumber datanya, penelitian ini merupakan kategori penelitian lapangan. Sedangkan jika dilihat dari segi sifat-sifatnya penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, dan berdasarkan pembahasannya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi multikasus. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah metode observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data yang dilakukan oleh penulis dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, penulis melakukan perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, pembahasan teman sejawat, dan klarifikasi dengan informan. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Penggunaan pembelajaran berbasis multiliterasi dalam meningkatkan keterampilan PAI ini telah direncanakan dengan matang bersama pihak sekolah. Dalam penggunaan model pembelajaran ini tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, tetapi juga di luar kelas dan juga didukung dengan media pembelajaran yang dibutuhkan. (2) Sesuai dengan observasi dan wawancara peneliti di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 1 Gondang, keduanya sama-sama berpacu pada kurikulum khususnya yaitu RPP yang sudah direncanakan dengan pihak sekolah. 3) Hasil Belajar dengan menggunakan pembelajaran multiliterasi ini adalah para siswa menjadi lebih aktif di dalam kelas maupun di luar kelas dan tentunya siap bersaing di era globalisasi. Kata Kunci: Model Pembelajaraan Multiliterasi, Kemampuan Verbal.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MOH. RIZAL AFFANDI 12506174050
Date Deposited: 18 Aug 2020 07:42
Last Modified: 18 Aug 2020 07:42
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16057

Actions (login required)

View Item View Item