STRATEGI PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS DALAM BIDANG PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 5 TULUNGAGUNG)

IRFIQNA TRI DIANA, 17201163429 (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN BUDAYA RELIGIUS DALAM BIDANG PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 5 TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (920kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Budaya Religius dalam Bidang Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Tulungagung, Tahun 2020” ini ditulis oleh Irfiqna Tri Diana, NIM. 17201163429. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H Abd Aziz. M. Pd. I. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Budaya Religius, Baca Tulis Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh budaya modern yang semakin hari semakin berkembang yang mengakibatkan menurunnya moral dan akhlak peserta didik. lalu perlu adanya budaya islami yang berperan dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa. salah satunya tugas seorang guru untuk membentuk siswa agar memiliki perilaku yang baik, maka dari itu, guru harus memiliki strategi dan cara yang tepat agar siswanya mampu berperilaku baik melalui budaya religius di madrasah ini. Adapun fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam mengembangkan budaya religius dalam bidang baca tulis al Qur’an di MTsN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam mengembangkan budaya religius dalam bidang baca tulis al-Qur’an di MTsN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam mengembangkan budaya religius dalam bidang baca tulis al-Qur’an di MTsN 5 Tulungagung? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah di MTsN 5 Tulungagung. teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Kehadiaran peneliti juga sebagai pengumpul data sebagai salah satu ciri penelitian kualitatif dalam pengumpulan data dilakukan sendiri oleh peneliti. Hasil penelitian (1) Perencanaan Strategi Guru dalam Mengembangkan Budaya Religius Baca Tulis Al-Qur’an di MTsN 5 Tulungagung meliputi: a) memberikan sosialisasi kepada peserta didik dan wali/orang tua ketika tahun ajaran baru dengan tujuan memberikan informasi bahwa MTsN 5 Tulungagung menerapkan program pembiasaan baca tulis al-Qur’an, b) Mengadakan rapat program yakni guru bersama dengan koordinator keagamaan berkaitan dengan baca tulis al-Qur’an serta merumuskan strategi yang akan digunakan dalam pelaksanaan program kebiasaan baca tulis al-Qur’an, c) Jadwal pembagian kelas sesuai dengan kemampuan peserta didik untuk mengefektifkan jalannya kegiatan, d) Absensi baca tulis al-Qur’an untuk mendisiplinkan peserta didik dalam pelaksanaan shalat dhuha berjamaah; (2) Pelaksanaan Strategi Guru dalam Mengembangkan Budaya Religius Baca Tulis Al-Qur’an di MTsN 5 Tulungagung antara lain: a) waktu pelaksanaan budaya baca tulis al-Qur’an adalah pukul 06.45- 07.40 WIB; b) jadwal pelaksanaan budaya baca tulis al-Qur’an adalah hari Selasa-Kamis; c) Guru memberikan materi mengenai ilmu tajwid baik ketika bertatap muka/sorogan maupun bersama-sama; d) Guru memberikan pelatihan untuk memperbaiki bacaan al-Qur’an dengan metode yanbu’a (diawali dengan nderes bersama dan diakhiri dengan sorogan); e)Guru melakukan pembiasaan menghafal al-Qur’an (tahfidz) dan diperuntukkan pula untuk kelas yanbu’a, kelas tartil dan kelas kitab, khataman Qur’an; f) Guru memberikan hukuman ringan sebagai bentuk warning untuk mendisiplinkan siswa; g) Guru memberikan motivasi-motivasi untuk menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik, dan memberikan penghargaan; (3) Evaluasi Strategi Guru dalam Mengembangkan Budaya Religius Baca Tulis Al-Qur’an di MTsN 5 Tulungagung antara lain: evaluasi harian (formatif) dan akhir semester ( sumatif)

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: IRFIQNA TRI DIANA 17201163429
Date Deposited: 14 Aug 2020 03:38
Last Modified: 31 May 2021 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16042

Actions (login required)

View Item View Item