PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INTERKONEKSI MATEMATIKA AL-QUR’AN PADA AYAT-AYAT PILIHAN DENGAN POKOK BAHASAN LIMIT FUNGSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 2 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

17204163100, SHOFIYATUR ROFI'AH (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INTERKONEKSI MATEMATIKA AL-QUR’AN PADA AYAT-AYAT PILIHAN DENGAN POKOK BAHASAN LIMIT FUNGSI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 2 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (588kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (550kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (756kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran dengan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an pada ayat–ayat pilihan dengan pokok bahasan limit fungsi terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Shofiyatur Rofi’ah, NIM 17204163100, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I, M.Pd Kata kunci : Pendekatan Interkoneksi Matematika Al-Qur’an, Limit Fungsi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa matematika bersumber dari Al-Qur’an tetapi banyak umat islam yang tidak mengetahui dan masih banyak pengajar menggunakan metode konvensional dan tidak menghubungkan Al-Qur’an atau ilmu agama. Untuk itu sebagai umat islam perlu meninjau ulang format pendidikan islam melalui upaya pengembangan intergratif-interkoneksi agar dapat dicapai konsep keutuhan ilmu. Pembelajaran dengan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengasah pemahaman dan kemampuan matematika peserta didik juga dimaksudkan untuk menanamkan nilai – nilai islam dan bisa mengoptimalkan hasil belajar pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran dengan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an pada ayat – ayat pilihan dengan pokok bahasan limit fungsi terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020 (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pembelajaran dengan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an pada ayat – ayat pilihan dengan pokok bahasan limit fungsi terhadap hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar untuk menumbuhkan akhlak yang baik bagi siswanya. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui keadaan proses belajar mengajar Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar. Metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana dan dokumen madrasah. Sedangkan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan pedekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an pada ayat-ayat pilihan dengan pokok bahasan limit fungsi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar tahun Pelajaran 2019/2020. Dan besar pengaruh pembelajaran dengan pedekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an pada ayat-ayat pilihan dengan pokok bahasan limit fungsi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Blitar tahun Pelajaran 2019/2020 adalah 84 % termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SHOFIYATUR ROFI'AH 17204163100
Date Deposited: 14 Aug 2020 04:30
Last Modified: 14 Aug 2020 04:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16024

Actions (login required)

View Item View Item