INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH: ANALISIS SEMIOTIKA ISI PESAN DAKWAH PADA AKUN @HARAKAHISLAMIYAH PERIODE BULAN DESEMBER 2019

MASTURINA KHOIRUN NISA, 17304163014 (2020) INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH: ANALISIS SEMIOTIKA ISI PESAN DAKWAH PADA AKUN @HARAKAHISLAMIYAH PERIODE BULAN DESEMBER 2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)

Abstract

Masturina Khoirun Nisa, 17304163014, “Instagram Sebagai Media Dakwah: Analisis Semiotika Isi Pesan Dakwah Pada Akun @harakahislamiyah Periode Bulan Desember 2019” Skripsi 2020, Program Strata satu, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Sukma Ari Ragil Putri, M.I.Kom. Kata Kunci: Pesan Dakwah, Akun Instagram @harakahislamiyah, Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure. Akun @harakahislamiyah hadir sebagai akun dakwah Instagram yang mengemas pesan dakwahnya dengan desain infografis yang menarik sesuai dengan karakteristik menyesuaikan perkembangan zaman di era internet. Akan tetapi isi pesan dakwah tetap menjadi komponen penting dalam kegiatan berdakwah karena melalui pesan dakwah itulah seorang pendakwah bisa menyeru para mad’u agar bisa memperoleh keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat. Bahkan pesan dakwah harus mencakup seluruh aspek kehidupan dan pokok-pokok ajaran Islam yaitu akidah, syariah, dan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan dakwah dan kategori pesan dakwah akidah, syariah, dan akhlak yang terkandung pada konten dakwah akun @harakahislamiyah periode bulan Desember 2019 serta efek pesan Dakwah Akun @harakahislamiyah Periode Bulan Desember 2019 berdasarkan komentar followers dengan menggunakan metode kualitatif analisis semiotika Ferdinand de Saussure yang terdiri dari dua tahap yakni penanda dan petanda dengan menganalisis teks kalimat, simbol, ikon, warna-warna yang terdapat di dalam konten dakwah berupa gambar pada akun @harakahislamiyah periode bulan Desember 2019. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa setiap komponen penanda dapat menunjukkan maksud pesan dakwah yang ingin disampaikan yaitu berisi Pesan dakwah kategori akidah ada 2 gambar terdiri dari pesan dakwah berdoa sebagai bagian mengimani qada dan qadar dan meneladani isi Al-Quran. Pesan dakwah kategori syariah dalam aspek ibadah ada 6 gambar terdapat anjuran ibadah sunnah seperti sholat-sholat sunnah, membaca Al-Qur’an, mandi sunnah dan bersedekah, sedangkan pesan dakwah kategori syariah dalam aspek muamalah juga ada 6 gambar meliputi bahasan pesan dakwah menuntut ilmu agama, sekufu dalam pernikahan, peringatan bagi koruptor, hukum belanja online, dan hukum mengucapkan selamat natal. Adapun pesan dakwah dalam kategori akhlak ada 11 gambar terdapat pesan dakwah larangan sombong, bertutur kata baik, mencintai tanah air, menghadapi celaan, berbakti kepada ibu, ajakan untuk tersenyum, adab berbagi nasihat, menegakkan keadilan, dan menjaga kesehatan jasmani. Pesan dakwah akun @harakahislamiyah mampu menimbulkan efek kognitif, efek afektif, dan efek behavioral.

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Masturina Khoirun Nisa 17304163014
Date Deposited: 21 Jan 2021 06:57
Last Modified: 21 Jan 2021 06:57
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16007

Actions (login required)

View Item View Item