IMPLEMENTASI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MEMBENTUK SIKAP SOSIAL SISWA DI SD NEGERI 1 GILANG NGUNUT TULUNGAGUNG

17205163150, NININGTYAS RAHAYUNINGSIH (2020) IMPLEMENTASI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MEMBENTUK SIKAP SOSIAL SISWA DI SD NEGERI 1 GILANG NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (776kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Membentuk Sikap Sosial Siswa SD Negeri 1 Gilang Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Niningtyas Rahayuningsih, NIM. 17205163150, pembimbing Muhammad Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Implementasi Ilmu Pengetahuan Sosial, Sikap Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dapatkah implementasi ilmu pengetahuan sosial membentuk sikap sosial siswa. Salah satu kunci keberhasilan terbentuknya sikap sosial siswa adalah pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Dengan ilmu pengetahuan sosial, dapat membantu siswa dalam membentuk sikap sosial guna mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan alur dan arah yang telah dirumuskan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah implementasi ilmu pengetahuan sosial yang meliputi pada dua aspek yaitu aspek interaksi dan aspek komunikasi dengan pertanyaan penelitian (1) Bagaimana implementasi ilmu pengetahuan sosial pada aspek komunikasi untuk membentuk sikap sosial siswa di SD Negeri 1 Gilang Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi ilmu pengetahuan sosial pada aspek interaksi untuk membentuk sikap sosial siswa di SD Negeri 1 Gilang Ngunut Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan implementasi ilmu pengetahuan sosial pada aspek komunikasi untuk membentuk sikap sosial siswa di SD Negeri 1 Gilang Ngunut Tulungagung (2) Mendiskripsikan implementasi ilmu pengetahuan sosial pada aspek interaksi untuk membentuk sikap sosial siswa di SD Negeri 1 Gilang Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SD Negeri 1 Gilang Ngunut Tulungagung dengan subyek penelitian guru kelas VI. Sumber data diperoleh dari tiga unsur, yaitu person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan pengecekan keabsahan data menggunakan uji credibility melalui triangulasi, , dan perpanjangan pengamatan; uji transferability; uji dependability; dan uji confirmability. Hasil penelitian ini adalah: (1) Siswa kelas VI SD Negeri 1 Gilang Ngunut Tulungagung, secara umum siswa telah menerapkan implementasi ilmu pengetahuan sosial di sekolah yaitu cakap dalam berkomunikasi, menggunakan bahasa yang baik ketika berkomunikasi dengan guru dan temannya, sopan, berani berpendapat, terampil menulis, dan saling menghargai; siswa telah menerapkan nilai-nilai ilmu pengetahuan sosial yang diajarkan oleh Bapak Ibu guru mereka di dalam kehidupan sehari-hari. (2) Sebagian besar siswa kelas VI di SD Negeri 1 Gilang Ngunut Tulungaung terlibat secara aktif dalam menyimak informasi dan antusias berpartisipasi untuk memberi tanggapan atau argumentasinya dengan kesadaran sendiri tanpa tekanan dari siapapun; para siswa juga dapat berinteraksi yang baik dengan teman mereka, saling membantu, rukun dan bersikap ramah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: NININGTYAS RAHAYUNINGSIH 17205163150
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:38
Last Modified: 12 Aug 2020 04:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/16002

Actions (login required)

View Item View Item