KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINIER BERDASARKAN METODE NEWMAN PADA SISWA KELAS XI MIA MAN 1 BLITAR TAHUN 2019/2020

17204163101, FARIDA DEWI RAHMANIA (2020) KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINIER BERDASARKAN METODE NEWMAN PADA SISWA KELAS XI MIA MAN 1 BLITAR TAHUN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (868kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Metode Newman pada Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Blitar Tahun 2019/2020” ini ditulis oleh Farida Dewi Rahmania, NIM. 17204163101, pembimbing : Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata kunci: Kesalahan, Program Linier, Metode Newman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih melakukan kesalahan dalam memahami konsep soal yang berbentuk cerita. Sehingga siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita dan mendapat nilai rendah untuk tipe soal tersebut. Agar kesalahan-kesalahan tersebut tidak berulang dan dapat diperbaiki maka perlu adanya suatu analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode newman. (2) Untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode newman. (3) Untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode newman. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Tehnik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian adalah 6 siswa, yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode Newman yaitu kesalahan transformasi masalah, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. (2) Kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode Newman yaitu kesalahan transformasi masalah dan kesalahan keterampilan proses. (3) Kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal program linier berdasarkan metode Newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasim masalah, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menuliskan jawaban akhir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Farida Dewi Rahmania 17204163101
Date Deposited: 25 Aug 2020 04:40
Last Modified: 25 Aug 2020 04:40
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15985

Actions (login required)

View Item View Item