ETNOMATEMATIKA PADA CANDI SANGGRAHAN DAN KETERKAITAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

17204163088, NISA NIKMATUL SOLEKAH (2020) ETNOMATEMATIKA PADA CANDI SANGGRAHAN DAN KETERKAITAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (736kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Etnomatematika pada Candi Sanggrahan dan Keterkaitan pada Pembelajaran Matematika” ini ditulis oleh Nisa Nikmatul Solekah, NIM. 17204163088 dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Etnomatematika, Candi Sanggrahan, Pembelajaran Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika yang terbilang abstrak. Guru sebagai pendidik harus mampu mempermudah siswa untuk memahami konsep matematika. Salah satu caranya dengan mengkaitkan pembelajaran matematika dengan kehidupan sehari hari. Salah satu metodenya adalah pembelajaran yang bernuansa budaya atau disebut dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui aktivitas etnomatematika pada perancangan bangunan Candi Sanggrahan yang sudah mengalami pemugaran (2) Mengetahui konsep geometri pada bangunan Candi Sanggrahan (3) mengetahui peranan Candi Sanggrahan pada pembelajaran matematika Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah juru pelihara Candi Sanggrahan dan ketua tim pemugaran Candi Sanggrahan. Data yang digunakan adalah data hasil observasi, data wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan etnomatematika pada Candi Sanggrahan dan keterkaitan pada pembelajaran matematika sebagai berikut : (1) Terdapat aktivitas etnomatematika pada proses pemugaran candi yaitu aktivitas merancang bangun. Dimana didalamnya terdapat proses pengukuran lahan dan perhitungan bahan yang akan digunakan (2) Terdapat konsep matematika pada Candi Sanggrahan yaitu konsep geometri. Diantaranya sudut, persegi panjang, persegi, trapezium, lingkaran dan tabung (3) Candi sanggrahan layak dijadikan objek pembelajaran matematika berbasis etnomatematika

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: NISA NIKMATUL SOLEKAH 17204163088
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:30
Last Modified: 07 Aug 2020 03:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15955

Actions (login required)

View Item View Item