KONTRIBUSI KOPERASI SERBA USAHA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEMBIAYAAN TENAGA KERJA INDONESIA PADA KOPERASI MALINDO ARTHA DI KALIDAWIR TULUNGAGUNG (PERSPERKTIF EKONOMI ISLAM)

17402163355, ALVI MI’ATUL KHOIRIYAH (2020) KONTRIBUSI KOPERASI SERBA USAHA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEMBIAYAAN TENAGA KERJA INDONESIA PADA KOPERASI MALINDO ARTHA DI KALIDAWIR TULUNGAGUNG (PERSPERKTIF EKONOMI ISLAM). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (32MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kontribusi Koperasi Serba Usaha dalam Meningkatkan Kesejahteraan melalui Program Pembiayaan Tenaga Kerja Indonesia pada Koperasi Malindo Artha di Kalidawir Tulungagung (Perspektif Ekonomi Islam)” ini ditulis oleh Alvi Mi’atul Khoiriyah, NIM 17402163355, Pembimbing Dr. Hj. Nur Aini Latifah S.E.,M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya untuk mensejahterakan masyarakat di pedesaan dengan melihat banyaknya Tenaga Kerja Indonesia di desa tersebut. Sehingga didirikanya Koperasi Serba Usaha dengan melalui program nya yaitu pembiayaan Tenaga Kerja Indonesia dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomianya. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana kontribusi Koperasi Serba Usaha Malindo Artha melalui program pembiayaan Tenaga Kerja Indonesia di Kalidawir Tulungagung, (2) Bagaimana dampak program pembiayaan Tenaga Kerja Indonesia terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kalidawir Tulungagung, (3)Bagaimana kendala dan solusi dalam program pembiayaan Tenaga Kerja Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Koperasi Serba Usaha Malindo Artha. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif milik Miles dan Huberman yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data, hingga menarik kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, dan perpanjangan keabsahan temuan. Adapun hasil penelitian skripsi ini yaitu (1) Kontribusi Koperasi Serba Usaha Malindo Artha yaitu melalui pembiayaanya yang diberikan kepada para anggotanya, memberikan sosialisasi, pelayanan, dan ikut serta dalam setiap acara yang dilakukan anggotanya. (2) Dampak dari adanya program pembiayaan Tenaga Kerja Indonesia yaitu meningkatnya kesejahteraan masyarakat, menambah devisa negara, menciptakan lapangan pekerjaan, kreatifitas usaha meningkat dan untuk dampak negatifnya yaitu gaya hidup yang berbeda, Individualismenya tingi, kebutuhan financial yang tercukupi tetapi kurangnya kasih sayang yang diberikan kepada keluarganya (3) Kendala yang dihadapi yaitu apabila tidak ada ahli waris yang menanggung hutangnya di Koperasi, datayang digunakan untuk pemberangkatan ke Luar Negeri tidak sesuai dengan data yang asli. Kata Kunci : Kontribusi, Koperasi Serba Usaha, Pembiayaan, Kesejahteraan Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ALVI MI’ATUL KHOIRIYAH 17402163355
Date Deposited: 05 Aug 2020 06:56
Last Modified: 05 Aug 2020 06:56
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15938

Actions (login required)

View Item View Item