ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

17204163114, LAILA TURROHMAH (2020) ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (485kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (925kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Analisis Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung Materi Persamaan Garis Lurus” ini ditulis oleh Laila Turrohmah, NIM. 17204163114, Pembimbing: Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Kecerdasan Logis Matematis. Latar belakang dari penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dan masih banyaknya siswa yang menganggap matematika pelajaran yang sulit. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor internal yaitu kecemasan dan kecerdasan yang memiliki peran penting dalam penyelesaian pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemecahan masalah matematika ditinjau dari siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung materi persamaan garis lurus, (2) mendeskripsikan pemecahan masalah matematika ditinjau dari siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung materi persamaan garis lurus, dan (3) mendeskripsikan pemecahan masalah matematika ditinjau dari siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah siswa kelas VIII MTsN 2 Tulungagung materi persamaan garis lurus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 2 siswa kelas VIII E MTsN 2 Tulungagung dengan tingkat kecerdasan logis matematis tinggi, 2 siswa kelas VIII E MTsN 2 Tulungagung dengan tingkat kecerdasan logis matematis sedang, dan 2 siswa kelas VIII E MTsN 2 Tulungagung dengan tingkat kecerdasan logis matematis rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tulis, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian adalah (1) pemecahan masalah matematika siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi mampu menyelesaikan pemecahan masalah dari tiap-tiap langkah pemecahan Polya dengan benar. (2) pemecahan masalah matematika siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang mampu memenuhi tiga indikator pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya, meskipun belum maksimal. (3) pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari kecerdasan logis matematis rendah tidak mampu menyelesaikan pemecahan masalah berdasarkan langkah Polya secara benar, namun siswa dengan kategori ini sudah memiliki motivasi untuk mengerjakannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: LAILA TURROHMAH 17204163114
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:43
Last Modified: 05 Aug 2020 03:43
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15930

Actions (login required)

View Item View Item