CAPAIAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL MELALUI SENTRA BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU KHADIJAH I NGANJUK

17206163062, YULI PREHATANTI (2020) CAPAIAN PERKEMBANGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL MELALUI SENTRA BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU KHADIJAH I NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi Dengan Judul “Capaian Perkembangan Sosial dan Emosional Melalui Sentra Bermain Peran pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Muslimat NU Khadijah I Tulungagung” Ini Ditulis Oleh Yuli Prehatanti, NIM 17206163062, Pembimbing Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd Kata Kunci : Sosial dan Emosional, Sentra Bermain Peran, Anak Usia Dini Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan anak usia dini yang memerlukan perhatian yang besar karena semua aspek perkembangannya harus terpenuhi secara optimal sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Salah satunya dalam pengoptimalan aspek perkembangan sosial dan emosional anak. Namun banyak pendidik yang masih kurang memperhatikan dan memberikan stimulasi sehingga ada gejala yang membuat anak usia dini kesulitan untuk berinteraksi maupun bermain bersama teman-temannya. Serta ada gejala yang membuat anak usia dini kurang percaya diri ketika berhadapan dengan anak yang lainnya. Untuk itu dalam pengoptimalannya dengan melaksanakan pembelajaran sentra bermain peran tetapi perlu adanya kerja sama antara orang tua, pendidik, masyarakat dalam mengasuh dan mendidik guna memenuhi kebutuhan fisik maupun mental anak dengan baik. Terlebih dalam mempersiapkan mental anak untuk beradaptasi dengan lingkungan atau hidup secara bermasyarakat. Pertanyaan peneliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana capaian perkembangan sosial dan emosional melalui sentra bermain peran dalam memaksimalkan kesadaran diri anak usia dini kelompok B di TK Muslimat NU Khadijah 1 Nganjuk ?, (2) Bagaimana capaian perkembangan sosial dan emosional melalui sentra bermain peran dalam memaksimalkan rasa tanggung jawab anak usia dini kelompok B di TK Muslimat NU Khadijah 1 Nganjuk ?, (3) Bagaimana capaian perkembangan sosial dan emosional melalui sentra bermain peran dalam memaksimalkan perilaku prososial anak usia dini kelompok B di TK Muslimat NU Khadijah 1 Nganjuk ? Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Capaian perkembangan sosial dan emosional anak melalui kegiatan sentra bermain peran bisa membentuk kesadaran diri pada anak sebagai berikut : (a) Mengenal perasaan diri sendiri dan mengendalikan emosi, (b) Percaya diri, (c) Menyesuaikan diri dengan orang lain, (2) Kegiatan sentra bermain peran bisa membentuk rasa tanggung jawab pada anak sebagai berikut: (a) Mengerjakan tugas dengan baik, (b) Bertanggung jawab terhadap setiap perbuatan, (3) Kegiatan sentra bermain peran bisa membentuk rasa tanggung jawab pada anak sebagai berikut: (a) Bermain dengan teman sebayanya, (b) Saling berbagi dengan orang lain, (c) menghargai hak dan pendapat orang lain (toleransi).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: YULI PREHATANTI 17206163062
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:03
Last Modified: 11 Aug 2020 04:03
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15915

Actions (login required)

View Item View Item