STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MAN 1 TRENGGALEK

RINA MIFTAKHUL JANAH, 17201163005 (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (913kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Rina Miftakhul Janah, NIM: 17201163005, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Tahun 2020 dibimbing oleh Luluk Indarti, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Kecerdasan Spiritual. Konteks penelitian ini adalah berdasarkan fenomena yang ada di MAN 1 Trenggalek bahwa banyak kegiatan keagamaan yang diselenggarakan sebagai wujud meningkatkan potensi dan kecerdasan spiritual peserta didik. Kegiatan keagamaan itu seperti pembiasaan shalat dhuha, shalat dhuhur dan asar berjamaah, berdo’a, dan membaca al-Qur’an sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Selain itu, juga ada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, seperti qiro’, tahfidz, baca tulis al-Qur’an, membaca kitab kuning dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut sebagai upaya untuk mencetak lulusan yang menjadikan peserta didiknya berkualitas, tidak hanya dari segi pengetahuan dan emosional, tetapi juga dari segi spiritual. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik dari segi akidah di MAN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik dari segi akhlak di MAN 1 Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik dari segi akidah di MAN 1 Trenggalek (2) Mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik dari segi ibadah di MAN 1 Trenggalek. Penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di MAN 1 Trenggalek. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni people, place, dan paper. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik, ketekunan pengamat dan ketekunan keikutsertaan. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik dari segi akidah diMAN 1 Trenggalek adalah (a) Meningkatkan kecerdasan spiritual dari segi akidah dengan pemberian konsep keyakinan yang kuat dalam hati; (b) Meningkatkan kecerdasan spiritual dari segi akidah dengan menyampaikan kisah tentang mengesakan Allah (tauhid); (c) Meningkatkan kecerdasan spiritual dari segi akidah melalui aktualisasi dalam kehidupan sehari-hari; (d) Meningkatkan kecerdasan spiritual dari segi akidah dengan bersemangat dalam menuntut ilmu. (2) Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik dari segi akhlak di MAN 1 Trenggalek adalah (a) Meningkatkan kecerdasan spiritual dari segi akhlak dengan memberikan keteladanan atau uswatun khasanah; (b) Meningkatkan kecerdasan spiritual dari segi akhlak dengan melatih bersedekah; (c) Meningkatkan kecerdasan spiritual dari segi akhlak melalui teguran langsung dengan memberikan reward atau punishment.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RINA MIFTAKHUL JANAH 17201163005
Date Deposited: 03 Aug 2020 02:49
Last Modified: 03 May 2021 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15903

Actions (login required)

View Item View Item