PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII MTs AL-MULTAZAM MOJOKERTO

HIDAYATUL MUFAQOH, 17204163202 (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SISWA KELAS VII MTs AL-MULTAZAM MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (926kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (687kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Segiempat dan Segitiga Siswa Kelas VII MTs. Al-Multazam Mojokerto” ini ditulis oleh Hidayatul Mufaqoh, NIM. 17204163202, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Ular Tangga, Motivasi dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa aktif mengembangkan potensi dirinya, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Karena itu dibutuhkan inovasi inovasi dalam proses pembelajaran. Namun kenyataannya, masih banyak proses pembelajaran yang menggunakan cara konvensional khususnya mata pelajaran matematika. Hal ini mengakibatkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan variasi media pembelajaran yang unik dan menyenangkan dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah media berupa permainan ular tangga. Media ular tangga adalah media pembelajaran yang berasal dari hasil modifikasi permainan ular tangga, yang isinya disesuaikan dengan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs. Al-Multazam Mojokerto, (2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Al-Multazam Mojokerto, (3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Al Multazam Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs. Al-Multazam Mojokerto. Pada penelitian ini mengambil sampel VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan peneliti adalah: (1) Tes dan (2) Angket. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap motivasi belajar siswa (p-value 0,030 < 0,05), (2) terdapat pengaruh media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar siswa (p-value 0,034 < 0,05), (3) terdapat pengaruh media pembelajran ular tangga terhadap motivasi dan hasil belajar siswa (p-value 0,042 < 0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: HIDAYATUL MUFAQOH 17204163202
Date Deposited: 12 Oct 2020 02:49
Last Modified: 12 Oct 2020 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15893

Actions (login required)

View Item View Item