PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAPMOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADASISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DURENAN

17204163193, LU’ALIYATUZZAHROH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAPMOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADASISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis Masalah Kontekstual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Durenan” ini ditulis oleh Lu’aliyatuzzahroh, NIM. 17204163193, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I.,M.Pd Kata Kunci:Numbered Heads Together (NHT), Masalah Kontekstual, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan. Kajian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar dan motivasi belajar siswa yang relatif rendah,Hal ini dapat dilihat dari hasil belajarmatematikasiswa yang masih banyak dibawah KKM, antusias siswa dalam proses belajar mengajar dan pada saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru masih sangat rendah, dan proses pembelajaran matematika di sekolah yang masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Heads Together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Heads Together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Durenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling, dengan sampelnya adalah kelas X MIPA 3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X MIPA 4 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam teknik pengumpulan data dan Instrumen penelitian menggunakan : 1) Angket, 1) Tes, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data statistik uji t-test (Independent Sample Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Durenan. Hal ini terbukti dari nilai Sig.(2-tailed) = 0,015 < 0,05 dan nilai thitung= 2,500 ≥ t tabel = 1,994 dengan ∝=5%. 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbasis masalah kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Durenan. Hal ini terbukti dari nilai Sig.(2-tailed) = 0,002 < 0,05 dan nilai thitung= 3,192 ≥ t tabel = 1,994 dengan ∝=5%

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: LU’ALIYATUZZAHROH 17204163193
Date Deposited: 30 Jul 2020 00:21
Last Modified: 30 Jul 2020 00:21
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15884

Actions (login required)

View Item View Item