PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI FUNGSI DI SMAN 2 TRENGGALEK

17204163172, REFA NURLAILA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI FUNGSI DI SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTARK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajan Quipper School terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Matematika Materi Fungsi di SMAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Refa Nurlaila, NIM 17204163172, di bimbing oleh Bapak Beni Asyhar S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Media Quipper School, Penggunaan Media Pembelajaran Quipper School, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini membahas tentang pengaruh media Quipper School terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran matematika materi fungsi di SMAN 2 Trenggalek. Quipper School merupakan platform sekolah digital tanpa biaya dimana guru dapat mengelola kelas, materi dan nilai. Serta siswa dapat mengerjakan tugas secara online. Kajian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan kurang aktifnya peran siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Quipper School terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran matematika materi fungsi di SMAN 2 Trenggalek; 2) Untuk mengetahui penggunaan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran matematika materi fungsi di SMAN 2 Trenggalek; 3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh media Quipper School dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran matematika materi fungsi di SMAN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Trenggalek yang berjumlah 180 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik random sampling, dengan sampel siswa kelas X MIPA 4 yang berjumlah 36 siswa dan kelas X MIPA 5 yang berjumlah 36 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Nilai minimum adalah 40, dan nilai maksimum 100. Rata-rata nilai siswa 70,00 dengan standar deviasi 13,310 dan range 60 yang artinya nilai matematika siswa pada kelas eksperimen memiliki variasi data yang tinggi. Modus atau nilai siswa yang sering muncul adalah 70,00. Dengan KKM mata pelajaran matematika adalah 68, jadi masih banyak siswa yang hasil belajarnya diatas nilai KKM; 2) Nilai minimum adalah 20, dan nilai maksimum 80. Rata-rata nilai siswa 48,06 dengan standar deviasi 15,824 dan range 60 yang artinya nilai matematika siswa pada kelas kontrol memiliki variasi data yang tinggi. Modus atau nilai siswa yang sering muncul adalah 50,00. Dilihat dari modus tersebut dengan KKM mata pelajaran matematika adalah 68, jadi masih banyak siswa yang hasil belajarnya kurang dari nilai KKM; 3) Terdapat pengaruh penggunaan media Quipper School terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Matematika materi fungsi di SMAN 2 Trenggalek yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: REFA NURLAILA 17204163172
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:06
Last Modified: 30 Jul 2020 02:06
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15883

Actions (login required)

View Item View Item