Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Materi SPLDV Kelas VIII E di MTs Negeri 6 Tulungagung

17204163298, Sinta Rafika Dewi (2020) Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Materi SPLDV Kelas VIII E di MTs Negeri 6 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (161kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Materi SPLDV Kelas VIII E di MTs Negeri 6 Tulungagung” ditulis oleh Sinta Rafika Dewi, NIM. 17204163298, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Kuantitatif, Kemampuan Matematika, Materi SPLDV Literasi kuantitatif adalah kemampuan individu untuk membaca, menulis, menghitung dan mengkomunikasikan data sebagai sumber informasi yang disajikan dalam berbagai konteks. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi kuantitatif jarang diperhatikan pada proses pembelajaran. Dalam menyelesaikan soal, siswa menjawab dengan tidak sistematis dan jarang menuliskan langkah-langkah pengerjaan secara lengkap. Hal inilah yang membuat peneliti ingin mengetahui kemampuan literasi kuantitatif siswa ditinjau dari kemampuan matematika siswa materi SPLDV. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan literasi kuantitatif siswa berkemampuan matematika rendah materi SPLDV kelas VIII E MTs Negeri 6 Tulungagung, 2) Mendeskripsikan kemampuan literasi kuantitatif siswa berkemampuan matematika sedang materi SPLDV kelas VIII E MTs Negeri 6 Tulungagung, 3) Mendeskripsikan kemampuan literasi kuantitatif siswa berkemampuan matematika tinggi materi SPLDV kelas VIII E MTs Negeri 6 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dimulai dengan memberikan tes tulis berupa tes kemampuan matematika yang diikuti 35 siswa kelas VIII E MTs Negeri 6 Tulungagung untuk mendapatkan 2 subjek berkemampuan matematika rendah, 2 subjek berkemampuan matematika sedang dan 2 subjek berkemampuan matematika tinggi. Selanjutnya 6 subjek tersebut diberikan tes kemampuan literasi kuantitatif siswa. Hasil tes tersebut digunakan untuk menganalisis kemampuan literasi kuantitatif siswa yang didukung dengan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan literasi kuantitatif siswa dengan kemampuan matematika rendah masih kurang mampu dalam memenuhi indikator kalkulasi, aplikasi/analisis, komunikasi dan mampu memenuhi indikator interpretasi, asumsi dan representasi. 2) Kemampuan literasi kuantitatif siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu memenuhi indikator interpretasi, asumsi, representasi dan kalkulasi, namun tidak mampu memenuhi indikator kemampuan aplikasi/analisis dan komunikasi. 3) Kemampuan literasi kuantitatif siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi semuan indikator kemampuan literasi kuantitatif, yaitu indikator kemampuan interpretasi, asumsi, representasi, kalkulasi, aplikasi/analisis, dan komunikasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sinta Rafika Dewi 17204163298
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:32
Last Modified: 03 Sep 2020 02:32
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15875

Actions (login required)

View Item View Item