PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENGAJUAN MASALAH BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL

IIS ROHMATUL JANAH, 17204163191 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENGAJUAN MASALAH BERBASIS ALAT PERAGA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMPN 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
Bab V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Pengajuan Masalah Berbasis Alat Peraga terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Iis Rohmatul Janah, NIM. 17204163191, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh M.Kes, Ph. D Kata Kunci: pengajuan masalah, minat belajar, hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika di kelas yang belum mampu melibatkan siswa secara aktif, model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan kurangnya minat belajar siswa dalam belajar matematika sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Dengan demikian diperlukan model pembelajaran yang menjadikan siswa aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan dapat mudah memahami materi yang dijelaskan. Salah satu model yang dapat digunakan yaitu pengajuan masalah berbasis alat peraga. Model pembelajaran ini, siswa dituntut aktif dalam mengembangkan pengetahuan yang dimiliki, sehingga siswa mampu menyelesaikan masalah dengan mudah yang dapat meningkatkan minat siswa dan menjadikan aktif dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pengajuan masalah berbasis alat peraga terhadap minat belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pengajuan masalah berbasis alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pengajuan masalah berbasis alat peraga terhadap minat dan hasil belajar siswa siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran pengajuan masalah berbasis alat peraga dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII-C yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh model pembelajaran pengajuan masalah berbasis alat peraga terhadap minat belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Hal ini berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. 2) Ada pengaruh model pembelajaran pengajuan masalah berbasis alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Hal ini berdasarkan hasil analisis data dengan nilai rata- rata kelas eksperimen sebesar 69,29 dan kelas kontrol sebesar 48,39 serta diperoleh nilai signifikan sebesar 0,002. 3) Ada pengaruh model pembelajaran pengajuan masalah berbasis alat peraga terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol. Hal ini berdasarkan hasil analisis data hasil uji statistik untuk Pillai’s Trace, wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root yang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Iis Rohmatul Janah 17204163191
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:14
Last Modified: 31 May 2021 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15868

Actions (login required)

View Item View Item