Profil Kemampuan Siswa Peserta Olimpiade dalam Menyelesaikan Masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Program Linear di Kelas XI IPA MAN 2 Nganjuk

17204163178, ATIKA NUR ISRO' ILLAILI (2020) Profil Kemampuan Siswa Peserta Olimpiade dalam Menyelesaikan Masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Program Linear di Kelas XI IPA MAN 2 Nganjuk. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (985kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (448kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (611kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (377kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Profil Kemampuan Siswa Peserta Olimpiade dalam Menyelesaikan Masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Program Linear di Kelas XI IPA MAN 2 Nganjuk” ini ditulis oleh Atika Nur Isro’ Illaili, NIM. 17204163178, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Penyelesaian Masalah, Higher Order Thinking Skills, Program Linear, Siswa Peserta Olimpiade. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika terutama peserta olimpiade karena olimpiade matematika dapat dijadikan solusi untuk mengembangkan bakat dari siswa dalam memecahkan masalah. Disamping itu pemerintah juga berupaya menerapkan kurikulum berbasis higher order thinking skills (HOTS). Pada pembelajaran berbasis HOTS siswa dituntut untuk berpikir kritis, kreatif dan sistematis. Hal ini membuat siswa merasa sulit untuk menyelesaikan masalah matematika sehingga siswa mengalami berbagai kesulitan dalam menyelesaikan masalah higher order thingking skills terutama pada materi program linear yang selama ini dianggap sebagai materi yang cukup sulit oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa peserta olimpiade dalam menyelesaikan masalah HOTS materi program linier. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studikasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Pada indikator menganalisis siswa mampu menspesifikasikan aspek-aspek yang terkait pada soal untuk dapat mengkritisi. 2) Pada indikator mengevaluasi siswa mampu mengambil keputusan sendiri untuk memilih jenis pilihan yang lebih menguntungkan jika dipilih dan siswa mampu memecahkan masalah yang ada pada soal dengan cukup baik. 3) Sedangkan pada indikator mencipta hanya beberapa siswa yang mampu mengkreasikan idenya untuk mendesain suatu bentuk yang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Atika Nur Isro' Illaili 17204163178
Date Deposited: 12 Aug 2020 05:00
Last Modified: 12 Aug 2020 05:00
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15866

Actions (login required)

View Item View Item