MISKONSEPSI MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN DITINJAU DARI KOGNITIF SISWA KELAS VII MTS TERPADU ASH-SHUFI KADEMANGAN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

NUR ROCHMATUL ILMI, 17204163236 (2020) MISKONSEPSI MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN DITINJAU DARI KOGNITIF SISWA KELAS VII MTS TERPADU ASH-SHUFI KADEMANGAN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (137kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Miskonsepsi Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan ditinjau dari Kognitif Siswa Kelas VII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar Tahun Pelajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Nur Rochmatul Ilmi, NIM 17204163236, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Miskonsepsi, Kognitif Siswa Miskonsepsi merupakan ketidaksesuaian konsep yang diterima seseorang (konsepsi) dengan konsep yang dipaparkan para ahli. Miskonsepsi ini akan mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa jika dibiarkan serta menjadi konsep yang salah pada pemahaman siswa dalam jangka waktu yang panjang. Miskonsepsi dapat diidentifikasi berdasarkan kognitif siswa untuk mengetahui sejauh mana miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana miskonsepsi matematika siswa kognitif tinggi pada materi operasi hitung bilangan pecahan kelas VII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar tahun pelajaran 2019/2020, 2) Bagaimana miskonsepsi matematika siswa kognitif sedang pada materi operasi hitung bilangan pecahan kelas VII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar tahun pelajaran 2019/2020, 3) Bagaimana miskonsepsi matematika siswa kognitif rendah pada materi operasi hitung bilangan pecahan kelas VII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar tahun pelajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan miskonsepsi matematika siswa kognitif tinggi pada materi operasi hitung bilangan pecahan kelas VII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar tahun pelajaran 2019/2020, 2) Mendeskripsikan miskonsepsi matematika siswa kognitif sedang pada pokok materi hitung bilangan pecahan kelas VII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar tahun pelajaran 2019/2020, 3) Mendeskripsikan miskonsepsi matematika siswa kognitif rendah pada materi operasi hitung bilangan pecahan kelas VII MTs Terpadu Ash-Shufi Kademangan Blitar tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa kognitif tinggi, 2 siswa kognitif sedang dan 2 siswa kognitif rendah. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes kognitif, soal tes miskonsepsi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes miskonsepsi dan wawancara. Tahap analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa kognitif tinggi mengalami miskonsepsi konsep dan miskonsepsi hitung, 2) Siswa kognitif sedang mengalami miskonsepsi konsep, miskonsepsi strategi dan miskonsepsi hitung, 3) Siswa kognitif rendah mengalami miskonsepsi terjemahan, miskonsepsi konsep, miskonsepsi strategi, miskonsepsi tanda dan miskonsepsi hitung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: NUR ROCHMATUL ILMI 17204163236
Date Deposited: 06 Aug 2020 06:04
Last Modified: 31 May 2021 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15862

Actions (login required)

View Item View Item