Penerapan Metode Demontrasi dan Eksperimen Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MI Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung

Romadlon Nur, Hidayat, (2010) Penerapan Metode Demontrasi dan Eksperimen Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MI Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (59kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (132kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (376kB)
[img] Text
BAB V, gres.doc

Download (33kB)
[img] Text
COVER DAN.doc

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (32kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata-kata kunci: metode demonstrasi dan eksperimen, prestasi belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar yang anjlok dan belum adanya perubahan yang mendukung dalam proses pembelajaran di kelas sehingga diharapkan adanya peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran. Salah satunya adalah perubahan strategi dan metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa sehingga tumbuh minat belajar siswa dan menyukai proses pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini, 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di MI Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung mata pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2010/2011?”. 2) Bagaimana penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di MI Al-Hikmah Karangrejo Boyolangu Tulungagung mata pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2010/2011?”. Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, tes, catatan lapangan, observasi dan angket. Dimana observasi dan catatan lapangan digunakan untuk mengamati proses pembelajaran, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah mengalami proses belajar mengajar dengan menggunakan metode demosntrasi dan eksperimen, dan wawancara serta pengamatan digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan media animasi, serta untuk memperoleh informasi-informasi yang dibutuhkan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Kesimpulan: 1) Pembelajaran dengan penerapan metode demonstrasi dan eksperimen yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya adalah pembelajaran dengan tahap-tahap sebagai berikut: (a) Tahap awal meliputi mengucapkan salam dilanjutkan dengan do’a, mengulang sedikit tentang gaya dapat merubah gerak benda materi yang lalu, serta membacakan materi hari ini dan mendemonstrasikan gaya dapat mengubah bentuk suatu benda, serta mencari contoh dalam kehidupan sehari-hari bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda. Dan juga tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu metode demonstrasi dan eksperimen serta memberikan motivasi-motivasi kepada siswa agar berhasil dalam belajar. (b) Tahap inti di mulai dengan menjelaskan materi yaitu mengenai gaya dapat mengubah bentuk suatu benda. Dalam hal ini yang dilakukan guru adalah mendemontrasikan gaya dapat mengubah bentuk benda. Selanjutnya siswa disuruh mempratikkan gaya mengubah bentuk benda. Setelah kegitan itu berlangsung siswa menulir laporan hasik diskusi diteruskan dengan tanggapan, dan siswa menarik kesimpulan. (c) Tahap penutup. Setelah materi disampaikan dan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen selesai maka peneliti memberikan tugas untuk mengerjakan soal – soal yang ada di LKS untuk dikerjakan dirumah. dilanjutkan guru menutup pelajaran dan doa kemudian salam. 2) Hasil belajar siswa kelas IV pada materi Gaya meningkat setelah penerapan metode pembelajaran demosntrasi dan eksperimen. Juga terlihat dari hasil tes sebelum tindakan sampai akhir tindakan. Nilai yang diperoleh siswa kemudian dihitung rata-rata kelasnya dan didapatkan hasil sebagai berikut: pada siklus I dan siklus 2, nampak bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 84, 16%, meningkat dari sebelum diberi tindakan hanya 50,83%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 95%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 20 May 2015 03:55
Last Modified: 20 May 2015 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item View Item