ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) CV. GUDANGE TAHU TAKWA KEDIRI

WARDATUS SANIYAH, 17402153393 (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNTUNGAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) CV. GUDANGE TAHU TAKWA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi “Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Keuntungan Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) CV. GTT Kediri” ditulis oleh Wardatus Saniyah, NIM 17402153393, dan dibimbing oleh Jusuf bachtiar, S.S., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ekonomi saat ini semakin meningkat, mengakibatkan adanya persaingan yang ketat antara pelaku bisnis. Untuk menghadapi persaingan ini, sebuah perusahaan harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat agar mampu mengantispasi pesaing dan keuntungan yang diperoleh bisa meningkat. Di Indonesia UMKM memiliki peran besar dalam perekonomian negara, meskipun demikian bisnis UMKM tidak selalu berjalan mulus, masih banyak hambatan dan kendala yang harus dihadapi para pelaku UMKM. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) bagaimana strategi pemasaran yang telah dijalankan oleh CV. GTT? (2) bagaimana penerapan analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran CV. GTT? (3) strategi apa yang paling paling efektif dalam meningkatkan keuntungan CV.GTT?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam terhadap informan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode analisis swot dengan alat bantu analisis berupa matrik IFAS, matrik EFAS, matrik SWOT, dan diagram matrik SWOT. Hasil penelitian ini adalah (1) strategi pemasaran yang dijalankan CV. Gudange Tahu Takwa yaitu bauran pemasaran 4P. strategi produk dengan selalu menjaga kualitas, strategi tempat dengan showroom yang letaknya strategis, dan strategi promosi dilakukan secara online dan offline. (2) Berdasarkan perhitungan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui strategi yang tepat dalam meningkatkan keuntungan adalah perusahaan berada pada sel 1 dengan menerapkan strategi pertumbuhan. CV. GTT dapat memanfaatkan peluang yang dimiliki dengan menggunakan kekuatan perusahaan, seperti pemanfaatan produk dan menciptakan variasi produk baru, menambah jumlah agen atau jaringan distribusi guna memperluas jaringan pemasaran di wilayah lain, menambah skala usaha dan pengembangan SDM, dan rutin melakukan inovasi agar minat konsumen tetap terjaga. (3) segmentasi dibagi menjadi 4, yaitu untuk reseller, member card, pembeli langsung, dan karyawan. Target pasar semua kalangan dan positioning CV. GTT yaitu makanan tradisional khas Kediri berupa Tahu. Kata kunci : Strategi Pemasaran, UMKM, dan Analisis SWOT

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wardatus Saniyah 17402153393
Date Deposited: 24 Jul 2020 03:53
Last Modified: 25 Jan 2021 06:37
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15793

Actions (login required)

View Item View Item