KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN PEMAHAMAN MATEMATIS KELAS VIII-B DI MTsN 1 TRENGGALEK

17204163029, EVA DIAH WULANSARI (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN PEMAHAMAN MATEMATIS KELAS VIII-B DI MTsN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Pemahaman Matematis Kelas VIII-B di MTsN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Eva Diah Wulansari, NIM. 17204163029, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Menyelesaikan Soal Cerita, Pemahaman Matematis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang dilibatkannya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini menyebabkan siswa hanya belajar matematika dengan mendengarkan penjelasan guru, mengahafal rumus, lalu memperbanyak latihan soal menggunakan rumus yang sudah dihafalkan. Kemampuan berpikir kreatif memang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari–hari, namun kebanyakan siswa kurang menyadari hal tersebut. Selain itu, proses berpikir kreatif ini juga dipengaruhi oleh pemahaman matematis yang dimiliki masing-masing siswa. Tujuan penelitian penulisan skripsi ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan tipe pemahaman instrumental dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel dan (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan tipe pemahaman relasional dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes dan wawancara digunakan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel yang diberikan. Sedangkan dokumentasi disajikan berupa foto-foto saat penelitian dan dapat dijadikan bukti bahwa peneliti telah melaksanakan penelitian. Dari 32 siswa dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. 3 subjek mewakili siswa dengan tipe pemahaman instrumental dan 3 subjek lainnya mewakili siswa dengan tipe pemahaman relasional. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pemahaman instrumental dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel memenuhi satu indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan. Siswa berada pada tingkatan kemampuan berpikir kreatif 1 (TKBK 1) yaitu kurang kreatif. (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pemahaman relasional dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel memenuhi dua indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan dan fleksibilitas. Siswa berada pada tingkatan kemampuan berpikir kreatif 3 (TKBK 3) yaitu kreatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Eva Diah Wulansari 17204163029
Date Deposited: 22 Jul 2020 04:14
Last Modified: 22 Jul 2020 04:14
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15760

Actions (login required)

View Item View Item