KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ALJABAR BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG

17204163117, RISKA PURWANINGSIH (2020) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ALJABAR BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (251kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung” yang ditulis oleh Riska Purwaningsih, NIM. 17204163117, pembimbing : Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematis, Gaya Kognitif Latar belakang dalam skripsi ini adalah pemahaman bahwa topik-topik dalam matematika tidaklah berdiri sendiri-sendiri, melainkan terdiri antara satu dengan yang lainnya saling terkait sehingga pentingnya kemampuan koneksi matematis untuk dikuasai oleh semua siswa guna memudahkan siswa dalam mempelajari matematika. Dengan mengusai koneksi matematis, siswa akan mengetahui bahwa antar ide dalam matematika itu saling terkait salah satunya ide matematika yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih setiap siswa memiliki kemampuan berpikir masing-masing dalam memecahkan masalah, dalam hal ini adanya perbedaan kemampuan tersebut dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya kognitif FI dalam menyelesaikan soal cerita materi aljabar, serta 2) untuk mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya kognitif FD dalam menyelesaikan soal cerita materi aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan wawancara untuk menggali data. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa yang dikelompokkan berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIA MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung dan memilih 4 orang siswa dengan gaya kognitif yang berbeda yaitu 2 gaya kognitif FI dan 2 gaya kognitif FD. Adapun pemilihan subjek ini didasarkan pada skor hasil tes GEFT dan pertimbangan guru mata pelajaran. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan : 1) Kemampuan koneksi matematis subjek dengan gaya kognitif FI telah mampu memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis dengan baik yaitu mampu mengenali ide-ide dalam soal matematika, selanjutnya subjek juga mampu menghubungkan ide matematika ke dalam penyelesaian. Subjek telah mampu memahami dan mengartikan kehidupan nyata ke dalam model matematika dan menerapkannya dalam penyelesaian. 2) Kemampuan koneksi matematis subjek dengan gaya kognitif FD kurang mampu memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis dengan baik. Subjek telah mengenali ide-ide dalam soal yang diberikan namun subjek belum bisa memanfaatkan ide-ide tersebut untuk membuat model matematika. Sehingga subjek juga tidak mampu menerapkan model matematika yang seharusnya ke dalam penyelesaian soal. Subjek belum mampu memahami dan mengartikan kehidupan nyata ke dalam model matematika dan menerapkan model matematika tersebut ke dalam penyelesaian masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: RISKA PURWANINGSIH 17204163117
Date Deposited: 20 Jul 2020 00:33
Last Modified: 20 Jul 2020 00:33
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15746

Actions (login required)

View Item View Item