Karakteristik Guru PAI Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MAN 2 Tulungagung

Nanang, Abidin (2012) Karakteristik Guru PAI Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MAN 2 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
1.Cover warna.doc

Download (717kB)
[img] Text
3.Cover jadi.doc

Download (148kB)
[img] Text
2.Cover warna-2.doc

Download (714kB)
[img] Text
4.Skripsi Jadi.doc

Download (476kB)
[img] Text
5.Daftar Rujukan+Lampiran.doc

Download (3MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa guru memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Guru diposisikan sebagai orang yang ‘alim, shalih dan sebagai uswah sehingga guru dituntut juga beramal shalih sebagai aktualisasi dari keilmuan yang dimilikinya. Guru juga dianggap bertanggung jawab kepada para siswanya, tidak saja ketika dalam proses pembelajaran berlangsung, tetapi juga ketika proses pembelajaran berakhir, bahkan sampai di Akhirat. Sehingga tugas dan tanggung jawab guru dalam pendidikan sangat berat. Dalam hal ini peneliti mendiskripsikan karakteristik guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana karakteristik guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana usaha guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk memahami karakteristik, peran guru dan usaha guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola pikir,sikap dan pengetahuan sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi para guru sebagai peningkatan kualitas kepribadian serta untuk menunjang suksesnya pendidikan nasional. Bagi para siswa sebagai masukan dalam menentukan sikap positif untuk selalu memperbaiki kepribadian melalui pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, metode interview dan dokumentasi. Metode obsevasi adalah penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap obyek yang diselidiki. Metode Interview merupakan metode pengumpulan data yang menghendaki komunikasi langsung antara peneliti dengan subyek. Sedangkan metode dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah dan sebagainya. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, maka dapat dianalisis dan disimpulkan bahwa karakteristik guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung sudah menunjukkan kepribadian yang baik. Guru dapat dijadikan suritauladan bagi peserta didiknya.Tidak ditemukan perilaku guru yang menyimpang dari pembelajaran atau kasus-kasus terkait guru yang sampai di Kepolisian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 20 May 2015 03:17
Last Modified: 20 May 2015 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item View Item