Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas III Di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012

Dian Ayu Agus, Setiana (2012) Penerapan Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas III Di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
bab awal.docx

Download (124kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (41kB)
[img] Text
bab II.docx

Download (72kB)
[img] Text
bab III.docx

Download (72kB)
[img] Text
bab IV.docx

Download (83kB)
[img] Text
bab V.docx

Download (16kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Penerapan Metode, Card Sort, Mufradat Bahasa Arab, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtida’iyah siswa-siswi banyak mengalami kesulitan belajar, realitanya di Madrasah Ibtida’iyah siswa-siswi selalu diberi pembelajaran dengan strategi konvensional yang mana dengan strategi tersebut siswa tidak berkembang, sehingga dapat mengakibatkan motivasi dan hasil belajar siswa menurun. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode alternative yang tepat dan efektif. Metode card sort sebagai salah satu metode alternativ yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran mufradat Bahasa Arab. Rumusan Masalah: 1) Apakah terdapat peningkatan motivasi belajar mufradat Bahasa Arab melalui penerapan Metode Card Sort pada siswa kelas III di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? 2) Apakah terdapat peningkatan hasil belajar Mufradat Bahasa Arab melalui penerapan Metode Card sort pada siswa kelas III di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode card sort dalam meningkatkan motivasi belajar Mufradat Bahasa Arab siswa kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode card sort dalam meningkatkan hasil belajar Mufradat Bahasa Arab siswa kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. Manfaat Hasil Penelitian ini bagi MI Thoriqul Huda: dapat digunakan sebagai kontribusi dan strategi dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar antara guru sebagai pengajar dan siswa sebagai pelajar, serta dapat dijadikan sebagai alat untuk memacu motivasi dan hasil belajar siswa, Bagi tenaga pendidik: Hasil penelitian ini bagi para pendidik dapat digunakan sebagai bahan instropeksi diri sebagai individu yang mempunyai kewajiban mencerdaskan peserta didik agar memiliki kepedulian dalam memaksimalkan motivasi dan hasil belajar, Bagi Siswa: Hasil penelitian ini bagi siswa dapat digunakan untuk memacu semangat dalam melakukan kreatifitas belajar agar memiliki kemampuan yang maksimal sebagai bekal pengetahuan dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III pada pembelajaran Mufradat Bahasa Arab, Data yang diperoleh berupa hasil wawancara, pre tes, tes akhir, lembar observasi dan kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai Siklus II yaitu, motivasi belajar siklus I (75,34%), siklus II (82,9%), dan hasil belajar siswa siklus I (65%), siklus II (90%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode card sort dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Mufradat Bahasa Arab siswa kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 20 May 2015 03:00
Last Modified: 20 May 2015 03:00
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1569

Actions (login required)

View Item View Item