PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF LEGO PADA ANAK KELOMPOK A PAUD BABUSSALAM PANDEAN DURENAN TRENGGALEK

17206163037, FATMATUL MUFIDAH (2020) PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF LEGO PADA ANAK KELOMPOK A PAUD BABUSSALAM PANDEAN DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (557kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Aspek Kognitif melalui Alat Permainan Edukatif Lego pada Anak Kelompok A PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Fatmatul Mufidah, NIM 17206163037, yang dibimbing oleh Ibu Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan Aspek Kognitif, Alat Permainan Edukatif Lego Penelitian ini dilatarbelakangi di PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek dengan kegiatan bermain lego yang merupakan kegiatan pengaman saat istirahat yang diharapkan dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan. Khususnya pada aspek kognitif anak dengan lingkup perkembangan kemampuan berpikir logis dan berpikir simbolik anak. Sehingga kegiatan bermain lego diharapkan dapat mengembangkan aspek perkembangan kognitif anak secara optimal. Rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana kemampuan berpikir logis anak dapat berkembang melalui alat permainan edukatif lego di kelompok A PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek? 2) Bagaimana kemampuan berpikir simbolik anak dapat berkembang melalui alat permainan edukatif lego di kelompok A PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek? Tujuan penelitiannya adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan berpikir logis melalui alat permainan edukatif lego pada anak kelompok A PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek 2) Untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan berpikir simbolik melalui alat permainan edukatif lego pada anak kelompok A PAUD Babussalam Pandean Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Perkembangan kemampuan berpikir logis anak melalui alat permainan edukatif lego dapat berkembang karena anak dikenalkan tentang kegiatan bermain lego dengan menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar), mengenal konsep banyak sedikit, mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran, mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna dan anak mampu melakukannya. 2) Perkembangan kemampuan berpikir simbolik anak melalui alat permainan edukatif lego dapat berkembang karena anak dikenalkan tentang kegiatan bermain lego dengan menggambar atau membentuk sesuatu kontruksi yang mendeskripsikan sesuatu yang spesifik, membilang banyak benda satu sampai sepuluh, dan mengenal lambang bilangan dan anak mampu melakukannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: Fatmatul Mufidah 17206163037
Date Deposited: 30 Jul 2020 02:30
Last Modified: 30 Jul 2020 02:30
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15687

Actions (login required)

View Item View Item