IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG

SHIFA FAUZIA, 17206163002 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (672kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Shifa Fauzia, NIM 17206163002. Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Sentra dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Anak Usia Dini di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Errifa Susilo, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Sentra, Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena model pemelajaran sentra yang menarik anak dan membuat anak lebih fokus dalam belajar. Serta penanaman nilai-nilai agama islam yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini banyak anak-anak dan remaja yang belum mampu sholat dengan disiplin, membiasakan berdo’a maupun membaca Al-Qur’an dengan baik. Saat ini anak lebih disibukkan dengan sekolah dan kegiatan lain. Sehingga peneliti menghubungkan penanaman nilai-nilai agama islam dengan model pembelajaran sentra di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Untuk ini hendak segera dilaksanakan agar dapat mengembangkan kesadaran anak dalan mempelajari nilai-nilai agama islam. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah : (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran sentra dalam pembiasaan sholat pada anak usia dini di TK Al-Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi model pembelajaran sentra dalam penanaman menghafal doa sehari-hari anak usia dini di TK Al-Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi model pembelajaran sentra dalam pengenalan BTQ (Baca Tulis Qur’an) pada anak usia dini di TK Al-Khodijah Kedungsoko Tulungagung?Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan model pembelajaran sentra dalam pembiasaan sholat, penanaman menghafal doa sehari hari, pengenalan BTQ (Baca Tulis Qur’an) pada anak usia dini di TK Al-Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa model pembelajaran sentra dengan metode-metode yang diterapkan seperti metode keteladanan, metode pembiasan, metode demonstrasi, metode pemberian tugas dan metode an-nahdliyah dapat meningkatkan aspek perkembangan nilai agama dan moral pada terbukti mereka sangat antusias dalam kegiatan keislaman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: SHIFA FAUZIA 17206163002
Date Deposited: 20 Jul 2020 04:58
Last Modified: 12 Oct 2020 04:04
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15684

Actions (login required)

View Item View Item