PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI HASYIM ASY’ARI WONOANTI TRENGGALEK

ADELIA HANA NAFISHA, 17205163303 (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI HASYIM ASY’ARI WONOANTI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Hayim Asy’ari Wonoanti Trenggalek” ini ditulis oleh Adelia Hana Nafisha, NIM 17205163303, di bimbing oleh Ibu dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Pembentukan karakter religius, dan kegiatan keagamaan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya membentuk kepribadian anak memiliki moral yang baik, dan anak-anak zaman sekarang yang masih labil, sangat mudah menarik simpatik anak sehingga anak dengan mudahnya meninggalkan kewajibannya untuk belajar dan melakukan kewajiban-kewajiban sebagai seorang muslim. Hal ini, peneliti menghubungkan bagaimana pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di MI Hasim Asy’ari Wonoanti Trenggalek Fokus penelitian yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pembentukan karakter religius melalui kegiatan menghafal juzamma di MI Hasyim Asy’ari Wonoanti Trenggalek?, (2) Bagaimana pembentukan karakter religius melalui kegiatan Qiro’ah di MI Hasyim Asy’ari Wonoanti Trenggalek? (3) Bagaimana pembentukan karakter religius melalui kegiatan sholat dhuha berjamaah di MI Hasyim Asy’ari Wonoanti Trenggalek?. Adapun tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan terkait pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan menghafal Juzz Amma, Qiro’ah, dan Sholat dhuha di MI Hasyim Asy’ari Wonoati Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan verivikasi data . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan menghafal Juzz Amma merupakan kegiatan hafalan surat-surat pendek dalam Al Qur’an agar melatih kebiasaan peserta didik untuk mnghafal, sehingga muncul rasa percaya diri pada peserta didik Strategi yang dilakukan oleh pendidik dalam membentuk karakter dengan cara pembiasaan menghafal dengan metode mentaqlin secara berulang-ulang. Selain itu dapat terbentuk karakter peserta didik yang jujur dan disiplin. Bentuk pembentukan karakter yang terlihat pada peserta didik salah satunya ialah semakin mudah dalam menghafal, ketika sholat banyak bacaan surat yang hendak di baca, selain itu semakin mudah peserta didik dalam memahami mata pelajaran lain. (2) Pembentukan karakter religius melalui kegiatan keagamaan Qiro’ah ialah kegiatan yang biasa dilakukan oleh peserta didik dalam membaca Al Quran sesuai dengan kaidah tajwid yang baik dan benar melalui lantunan lagu dengan di bimbing oleh guru yang ahli di bidangnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu pagi sebelum jam pembelajaran, ayat yang akan di lantunkan di tulis langsung oleh bapak pendidik. Lalu, pendidik mencontohkan bacaan dan di ikuti oleh pesertadidik. Melalui hal tersebut peserta didik akan memiliki karakter yang pemberani dan meiliki jiwa yang islami. Utamanya peserta didik akan menjadi terbiasa dalam melantunkan ayat-ayat Al Quran, sehingga anak memiliki karakter yang islami. Strategi yang dilakukan pendidik dalam membentuk karakter dengan cara memberikan motivasi dan dorongan kepada peserta didik, sehingga anak akan bersemangat dalam mengikuti Qiro’ah hingga anak mengikuti dalam acara perlombaan dan mendapatkan kejuaraan. Dengan itu, akan menambah wawasan dan pengalaman peserta didik. (3) Pembentukan karakter religius melalui kegiatan sholat dhuha merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menjalankan ibadah shunah. Salah satu cara yang dilakukan pendidik dalam membentuk karakter tersebut dengan cara memberikan contoh, motivasi dan dorongan. Melalui hal tersebut peserta didik akan semakin mudah dalam menjalankan ibadah dan terbentuk karakter yang disiplin dan taat dalam beribadah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ADELIA HANA NAFISHA 17205163303
Date Deposited: 07 Jul 2020 05:31
Last Modified: 07 Jul 2020 05:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15667

Actions (login required)

View Item View Item