PENGARUH METODE GRAMATIKA TERJEMAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

17205163108, AFIYATUR ROSYIDAH (2020) PENGARUH METODE GRAMATIKA TERJEMAH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (713kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Gramatika Terjemah terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Afiyatur Rosyidah, NIM. 17205163108, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Nuryani, S. Ag., M.Pd. I. Kata Kunci: Metode Gramatika Terjemah, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode gramatika terjemah yang kurang bervariasi dan inovasi, sehingga mengakibatkan hasil belajar bahasa arab peserta didik kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Apakah ada pengaruh metode gramatika terjemah terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menjelaskan pengaruh metode gramatika terjemah terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya Pre-Experimental Design atau pra eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Adapun populasi penelitian ini berasal dari seluruh peserta didik kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung dan sampelnya adalah peserta didik kelas IV sebanyak 27 siswa. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Ada pengaruh metode gramatika terjemah pada peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t berpasangan untuk hasil belajar Bahasa Arab diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode gramatika terjemah pada peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: AFIYATUR ROSYIDAH 17205163108
Date Deposited: 06 Jul 2020 02:42
Last Modified: 06 Jul 2020 02:42
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15659

Actions (login required)

View Item View Item