PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERGAMBAR BERBASIS KARAKTER PROFETIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH IRSYADUT THOLIBIN TUGU DAN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 TULUNGAGUNG

KAMIM TOHARI, 12505174022 (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERGAMBAR BERBASIS KARAKTER PROFETIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH IRSYADUT THOLIBIN TUGU DAN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Buku Ajar Bergambar Berbasis Karakter Profetik Untuk Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Irsyadut Tholibin Tugu Dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Kamim Tohari dengan Pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Dr. Asrof Syafi’i, M.Ag. Kata Kunci: Pengembangan, Buku Ajar Bergambar, Karakter Profetik Penelitian dalam Tesis ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa belum banyak inovasi yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan buku ajar yang berbasis karakter profetik sebagai media dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara guru kelas lima Madrasah Ibtidaiyah Irsyadut Tholibin Tugu, dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional dan buku paket dari kementerian pendidikan dan kebudayaan serta buku lembar kerja siswa. Pengembangan buku ajar bergambar berbasis karakter profetik ini diharapkan mampu berkontribusi sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran dan memberi stimulus bagi peserta didik memahami materi serta membentuk karakter profetik. Masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan buku ajar bergambar berbasis karakter profetik pada subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan untuk peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Irsyadut Tholibin Tugu dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung? (2) Bagaimana keunggulan pengembangan buku ajar bergambar berbasis karakter profetik pada subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan untuk peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Irsyadut Tholibin Tugu dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung? (3) Bagaimana efektivitas hasil belajar dengan menggunakan buku ajar bergambar berbasis karakter profetik pada subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan untuk peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Irsyadut Tholibin Tugu dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Tulungagung? Pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan produk buku ajar bergambar berbasis karakter profetik pada subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan, 2) Mendeskripsikan keunggulan produk buku ajar bergambar berbasis karakter profetik pada subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan, 3) Mengetahui efektivitas hasil belajar dengan menggunakan buku ajar bergambar berbasis karakter profetik pada subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseacrh and Development mengacu pada model Borg and Gall yang telah peneliti sederhanakan dengan menerapkan tujuh langkah: 1) Penelitian dan Pengumpulan Data, 2) Perencanaan, 3) Penyusunan Modul, 4) Uji Validitas Pakar, 5) Revisi Produk, 6) Uji Coba Lapangan, 7) Revisi Produk. Dengan menggunakan dua jenis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif menggunakan validasi ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran dan angket siswa. Sedangkan data kuantitatif untuk menilai adanya perbedaan hasil belajar dengan penggunaan produk yang dikembangkan dengan memakai rumus uji t-test dan menggunakan penghitungan komputer SPSS for Windows versi 16.0. Hasil penelitian pengembangan buku ajar bergambar berbasis karakter profetik ini adalah (1) Adanya pengembangan produk berupa buku ajar bergambar berbasis karakter profetik tema 7 subtema 3 untuk kelas V SD/MI. (2) Buku ajar yang dikembangkan memiliki keunggulan dengan penuh gambar yang sesuai dengan materi, latihan-latihan soal sesuai dengan kompetensi dasar, integrasi karakter profetik dan kata-kata motivasi untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik. (3) Hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 89,37. Sementara kelas kontrol dengan nilai rata-rata 76,88. Berdasarkan hasil uji t perbandingan antara thitung dan ttabel yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,81 dan ttabel sebesar 1,72. Dari hasil tersebut menghasilkan thitung > ttabel yaitu 3,81 > 1,72. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang melakukan pembelajaran dengan buku ajar yang dikembangkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan buku ajar yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 2817123083 KAMIM TOHARI
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:59
Last Modified: 26 Apr 2021 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15658

Actions (login required)

View Item View Item