PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA (KOSAKATA DAN BERCERITA) ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG

17206163022, WAHYU BETTYANI (2020) PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA (KOSAKATA DAN BERCERITA) ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Cerita Bergambar terhadap Kemampuaan Bahasa (Kosakata dan Bercerita) Anak Usia Dini Kelompok A di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung” ini ditulis oleh Wahyu Bettyani, NIM. 17206163022, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata kunci : Media cerita bergambar, kemampuan bahasa (kosakata dan bercerita) Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi karena masih banyak anak yang belum begitu pandai dalam kemampuan berbahasa, khususnya kosakata dan bercerita di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Kurangnya keterampilan atau strategi guru dalam mengajar menjadi faktor penyebab kurangnya kemampuan bahasa pada anak, khususnya kosakata dan bercerita. Sedangkan pada PAUD, proses belajar anak harus menggunakan media belajar, karena anak bisa cepat memahami sesuatu apabila ia menggunakan media belajar secara konkret. Sehingga dalam hal ini peneliti menghubungkan media cerita bergambar dengan kemampuan bahasa (kosakata dan bercerita) di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh yang signifikan media cerita bergambar terhadap kemampuaan kosakata anak usia dini kelompok A di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (2) Adakah pengaruh yang signifikan media cerita bergambar terhadap kemampuaan bercerita anak usia dini kelompok A di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan media cerita bergambar terhadap kemampuaan kosakata anak usia dini kelompok A di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan media cerita bergambar terhadap kemampuaan bercerita anak usia dini kelompok A di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan jenis pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan kosakata dan bercerita dengan media cerita bergambar. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mencari informasi data tentang populasi, sarana, prasarana serta dokumen lain yang ada di lembaga. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-T dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan media cerita bergambar terhadap kemampuan kosakata pada anak usia dini kelompok A di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dari uji independent T-Test dengan nilai Sig. 0,00, menunjukkan Sig. 0,00 < 0,05, maka Ha diterima. Berdasarkan perhitungan effect size, besarnya pengaruh penggunaan media cerita bergambar tersebut terhadap kemampuan kosakata yaitu 1,2, termasuk kategori besar. Berdasarkan uji N-Gain Score, penggunaan media cerita bergambar lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan kosakata daripada tanpa penggunaan media cerita bergambar atau dalam arti tanpa media sama sekali. Besar nilai efektivitas kemampuan kosakata pada kelas eksperimen dengan nilai 81,70%, sedangkan kemampuan kosakata pada kelas kontrol dengan nilai 64%. Selanjutnya menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan media cerita bergambar terhadap kemampuan bercerita pada anak usia dini kelompok A di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dari uji independent T-Test dengan nilai Sig. 0,00, menunjukkan Sig. 0,00 < 0,05, maka Ha diterima. Berdasarkan perhitungan effect size, besarnya pengaruh penggunaan media cerita bergambar tersebut terhadap kemampuan bercerita yaitu 1,2, termasuk kategori besar. Berdasarkan uji N-Gain Score, penggunaan media cerita bergambar lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan bercerita daripada tanpa penggunaan media cerita bergambar atau dalam arti tanpa media sama sekali. Besar nilai efektivitas kemampuan bercerita pada kelas eksperimen dengan nilai 86,47%, sedangkan pada kelas kontrol kemampuan bercerita dengan nilai 68,91%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: WAHYU BETTYANI 17206163022
Date Deposited: 03 Jul 2020 04:28
Last Modified: 03 Jul 2020 04:28
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15648

Actions (login required)

View Item View Item