PENGARUH MINAT BACA DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR

TIARA NUR OKTAVIA, 17201163210 (2020) PENGARUH MINAT BACA DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Baca dan Keaktifan Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 2 Kademangan Blitar”. Ditulis oleh Tiara Nur Oktavia, NIM 17201163210, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si., NIP. 198003012014031001. Kata Kunci : Minat Baca, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa minat baca dan keaktifan belajar peserta didik dapat mempengaruhi hasil belajar. Menumbuhkan minat baca dan keaktifan belajar peserta didik itu sangat penting. Sehinga minat baca dan keaktifan belajar peserta didik saling berkaitan untuk meningkatkan hasil belajar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kademangan Blitar?. 2) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kademangan Blitar?. 3) Apakah ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara minat baca dan keaktifan belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kademangan Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kademangan Blitar. 2) Untuk menjelaskan pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kademangan Blitar. 3) Untuk menjelaskan ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara minat baca dan keaktifan belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kademangan Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMPN 2 Kademangan Blitar, sebagai bahan masukan dalam mengambil kebijakan yang tepat untuk meningkatkan mutu sekolah yang unggul. Bagi Guru SMPN 2 Kademangan, sebagai masukkan untuk menumbuhkan minat baca dan keaktifan belajar peserta didik. Bagi peserta didik SMPN 2 Kademangan, sebagai pendorong untuk mengembangkan minat baca dan keaktifan belajar. Bagi peneliti selanjutnya, sebagai bahan pertimbangan dan bahan referensi penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah 255 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan cara mengambil 25% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kademangan Blitar. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 3.857 > nilai ttabel 1.999 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kademangan Blitar. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 4.429 > nilai ttabel 1.999 dengan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara minat baca dan keaktifan belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kademangan Blitar. Hal ini dapat dilihat dari nilai fhitung 11.637 > nilai ftabel 3.15 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: TIARA NUR OKTAVIA 17201163210
Date Deposited: 09 Jul 2020 01:35
Last Modified: 07 May 2021 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15645

Actions (login required)

View Item View Item