PENDAPAT ULAMA TULUNGAGUNG TENTANG PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pendapat Ulama Pondok Pesantren Al-Fattah, Panggung, dan Ma’hadul ‘Ilmi wal ‘Amal (MIA)

AGUNG PERWIRAYUDHA, 17102153042 (2019) PENDAPAT ULAMA TULUNGAGUNG TENTANG PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Pendapat Ulama Pondok Pesantren Al-Fattah, Panggung, dan Ma’hadul ‘Ilmi wal ‘Amal (MIA). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Agung Perwirayudha, Nim 17102153042 “Pendapat Ulama Tulungagung Tentang Penggunaan Media Sosial (Studi Kasus Pendapat Ulama Pondok Pesantren Al-Fattah, Panggung dan Ma‟hadul „Ilmi wal „Amal (MIA)” Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. Pembimbing: Dr. H. Asmawi M.Ag. Kata Kunci : Media Sosial Menurut Ulama Zaman semakin maju begitupun dengan tekonologi informasi seperti saat ini, sudah mulai banyak media sosial yang mengisi setiap kehidupan masyarakat di dunia digital. Diketahui dari Pendapat Ulama Tulungagung Penelitian ini diharapkan agar masyarakat umum pengguna media sosial terutama di kalangan masyarakat menggunakan media sosial secara bijak. Penulis berharap hasil dari penelitian ini diharapkan bisa berguna bagi pengguna media sosial baik dari seluruh lapisan masyarakat. Rumusan masalah atau fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan media sosial di Tulungagung? (2) Bagaimana pendapat ulama Tulungagung tentang penggunaan media sosial di Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial di Tulungagung (2) Untuk mengetahui bagaimana pendapat ulama Tulungagung tentang penggunaan media sosial di Tulungagung. Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (fild research) teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data (Data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penggunaan media sosial di Tulungagung sangat berkembang secara pesat seiring berjalanya waktu dan juga di gunakan kalangan pelajar serta orang dewasa untuk kepentingan pribadi maupun kelompok dalam kehidupan sehari-hari (2) Dampak positif penggunaan media sosial antara lain menyambung silaturahmi menambah wawasan serta menyiapkan ruang untuk pesan berdakwah. (3) Dampak negatif tentang penggunaan media sosial seringkali digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab antara lain digunakan untuk tindak kejahatan seperti unsur penipuan dan penyebaran berita Hoax. Disisi lain disebabkan oleh munculnya sifat kecanduan pengguna terhadap media sosial. Dengan mengetahui semua penyebab dampak negatif media sosial, maka kita dapat lebih waspada dan menghindari penyebab-penyebab dampak negatif tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: AGUNG PERWIRAYUDHA 17102153042
Date Deposited: 01 Jul 2020 03:37
Last Modified: 03 May 2021 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15635

Actions (login required)

View Item View Item