PENGARUH PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATERI FIQIH KELAS VIII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG

17201163428, DANING SYAMBI ICHWANDANI (2020) PENGARUH PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATERI FIQIH KELAS VIII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman dan Keaktifan Peserta Didik Pada Materi Fiqh Kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Daning Syambi Ichwandani, NIM. 172011 63428, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing H. Muh Nurul Huda, M.A NIP.197404082007101003 Kata kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Belajar,Keaktifan Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh tingkat pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh sangat menarik sehingga siswa/peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah sebuah proses pendidikan yang bertujuan untuk menolong para siswa melihat siswa melihat makna didalam materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subyek-subyek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka. Dengan adanya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning sesuai dengan nurani manusia yang selalu haus akan makna. Contextual Teaching and Learning juga mampu memuaskan kebutuhan otak untuk mengaikatkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada, yang merangsang pembentukan struktur fisik otak dalam rangka merespon lingkungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung. 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung. 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya Eksperimen Semu, variabel bebas: model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (X), variabel terikat: pemahaman belajar (Y1) dan keaktifan belajar (Y2). Populasi: siswa kelas VIII H dan kelas VIII I di MTsN 3 Tulungagung yang berjumlah 74 siswa. Sampling: cluster random sampling. Sampel: 74 siswa. Sumber data: responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: observasi, angket, tes dandokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Manova. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman belajar siswa, dibuktikan dengan t-test dengan signifikansi 0,001 <0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap keaktifan belajar siswa, dibuktikan dengan t-test dengan signifikansi 0,001<0,05. 3) Ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap pemahaman dan keaktifan belajar siswa, dibuktikan dengan Manova dengan signifikansi 0,000<0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DANING SYAMBI ICHWANDANI 17201163428
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:09
Last Modified: 22 Jun 2020 03:09
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15530

Actions (login required)

View Item View Item