PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN 5 TULUNGAGUNG

17207163080, KHOIRUNNISA SHOLIKHAH NURUL JANNAH (2020) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (770kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Khoirunnisa Sholikhah Nurul Jannah, NIM. 17207163080, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Masduki, M. Ag. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Kinerja Guru Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. MTsN 5 Tulungagung merupakan salah satu sekolah yang memiliki kepala sekolah yang tergolong cukup cerdas dan sadar akan lingkungan dan keadaan warga sekolah. Komunikasi antara kepala sekolah dengan para guru serta karyawan-karyawan dan murid-murid sangat baik. Kepala sekolah mampu mempengaruhi bawahan agar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Dari latar belakang tersebut, merupakan alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai Manajer, Supervisor, Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 5 Tulungagung ? (3) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 5 Tulungagung ? Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Untuk Mengetahui Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Manajer, Supervisor, Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 5 Tulungagung, (2) Untuk Mengetahui Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 5 Tulungagung, (3) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Kepala MadrasahDalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 5 Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi (1) person (orang) yaitu (a) kepala sekolah (b) waka kurikulum (c) karyawan tata usaha (d) guru, (2) paper (kertas/dokumen) yaitu dokumen foto-foto kegiatan di madrasah, (3) place (tempat) yaitu di MTsN 5 Tulungagung. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, metode, dan penyelidik Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran kepala sekolah adalah sebagai Manajer, Supervisor, Motivator. Kepala sekolah melaksanakan peran sangat baik, (2) Strategi yang digunakan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja adalah dengan menerapkan pembinaan kedisiplinan, pelatihan, dan adanya Reward, (3) Faktor penghambat yang ada terkait dengan sumber daya manusia serta kurangnya sarana dan prasarana menunjang keberhasilan kinerja bapak dan ibu guru. sedangkan faktor pendukung kepala sekolah adalah adanya visi dan misi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: KHOIRUNNISA SHOLIKHAH NURUL JANNAH 17207163080
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:04
Last Modified: 22 Jun 2020 03:04
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15529

Actions (login required)

View Item View Item