KENISCAYAAN KULIAH DARING DI IAIN TULUNGAGUNG dalam buku antologi KULIAH DARING DI TENGH COVID-19 DARI BERBAGAI PERSPEKTIF.

As'aril Muhajir, 2029016801 (2020) KENISCAYAAN KULIAH DARING DI IAIN TULUNGAGUNG dalam buku antologi KULIAH DARING DI TENGH COVID-19 DARI BERBAGAI PERSPEKTIF. In: Kuliah Daring di Tengah Covid-19 dari Berbagai Perspektif. IAIN Tulungagung Press, Tulungagung, pp. 175-180. ISBN 978-602-5618-73-4

[img] Text
Kuliah Daring di Tengah Covid 19.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam kondisi diberlakukannya kebijakan lockdown dengan Work From Home saat ini terjadi perubahan yang sangat drastis. Perkuliahan manual dengan tatap muka diganti dengan perkuliahan dengan sistem daring atau online. Berbagai macam jenis kuliah daring digunakan dosen dan mahasiswa IAIN Tulungagung dalam perkuliahan, ujian dan bimbingan. Hal tersebut berjalan sebagai suatu keniscayaan di semester genap 2019/2020. Kuliah daring adalah perkuliahan yang dilaksanakan dengan sistem online. Dosen dan mahasiswa berada terpisah dari segi dimensi ruang. Perkuliahan ini memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya, sumber daya elektronik penunjang dan kemampuan sumber daya manusia yang tidak gagap teknologi. Sistem perkuliahan daring, khususnya di IAIN Tulungagung secara praktis dan total telah dilaksanakan sejak 16 Maret 2020. Hal ini didasarkan pada Surat Edaran Menteri Agama No. 2 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai dalam Upaya Pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada Kementerian Agama. Variasi kuliah daring yang populer ada 4 macam, yaitu SPADA Kemenristek Dikti, Level Kampus, mandiri, dan terbuka. Kuliah daring SPADA merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) -sekarang di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan- untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu di Perguruan Tinggi. Dalam konteks level kampus, IAIN Tulungagung memiliki Vmeet (Virtual Meeting). Kuliah daring secara mandiri adalah kuliah daring yang dilakukan oleh dosen secara mandiri melalui website pribadinya atau melalui web khusus yang dibuat untuk kuliah online. Sedangkan kuliah daring terbuka dapat memanfaatkan media google classroom atau WhatsApp Group (WAG). Ada dua alasan utama mengapa perkuliahan daring menjadi sebuah keniscayaan, yaitu; rentang waktu tahun akademik 2019/2020 dan masa studi bagi mahasiswa. Tahun akademik dimulai dari 1 September dan diakhiri pada 31 Agustus. Oleh karena wabah Corona ini terjadi pada bulan Maret 2020 dan diprediksi akan terjadi sampai bulan Juni 2020, maka kuliah daring menjadi sebuah keniscayaan. Batas masa studi Program Sarjana paling lama 7 tahun akademik, Program Magister paling lama 4 tahun akademik, dan Program Doktor paling lama 7 tahun akademik. Dengan adanya regulasi tentang masa studi sebagaimana dalam Permendikbud Nomor 3 tahun 2020, maka kuliah daring menjadi keniscayaan.

Item Type: Book Section
Subjects: Buku
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr. H. As'aril Muhajir, M.Ag
Date Deposited: 16 Jun 2020 06:50
Last Modified: 16 Jun 2020 06:50
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15507

Actions (login required)

View Item View Item