PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN ALAT PERAGA EDUKATIF TERHADAP HASIL PENGEMBANGAN BAHASA ANAK KELAS B DI RA AL KHODIJAH PURWOREJO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

17206163059, MURTIYAH (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN ALAT PERAGA EDUKATIF TERHADAP HASIL PENGEMBANGAN BAHASA ANAK KELAS B DI RA AL KHODIJAH PURWOREJO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (891kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (565kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)

Abstract

ABSTRAK Murtiyah. 17206163059. 2020 “Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual dan Alat Peraga Edukatif terhadap Hasil Pengembangan Bahasa Anak Kelas B di RA Al Khodijah Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung“ Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Bapak Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO Kata Kunci: Media Audio Visual, Alat Peraga Edukatif, Pengembangan Bahasa Anak Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi bahwa penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat memberikan stimulasi perkembangan anak usia dini. Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat menstimulasi perkembangan anak usia dini di RA Al Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung. Media audio visual memberikan suara dan gambar yang bergerak sehingga dapat menarik minat anak dalam pembelajaran dan mempengaruhi kecerdasan bahasa anak. Sedangkan pembelajaran dengan menggunakan APE akan mempermudah dan memberikan kesempatan pada anak untuk berimajinasi, berfikir kreatif, menciptakan sesuatu yang baru dan menemukan berbagai alternatif dalam pemecahan masalah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil pengembangan bahasa anak kelas B di RA Al Khodijah Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? 2) Apakah ada pengaruh alat peraga edukatif terhadap hasil pengembangan bahasa anak kelas B di RA Al Khodijah Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? 3) Apakah ada perbedaan pengaruh media pembelajaran audio visual dan alat peraga edukatif terhadap hasil pengembangan bahasa anak kelas B di RA Al Khodijah Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental dan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi anak usia dini kelompok B di RA Al Khodijah Purworejo Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari kelompok B1 sejumlah 30 anak dan kelompok B2 sejumlah 30 anak. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sejumlah 30 anak. Variabel independen media audio visual dan alat peraga edukatif, variabel dependen pengembangan bahasa anak. Data diambil dengan lembar observasi pengembangan bahasa anak, kemudian dianalisis dengan uji paired sample t test dan independent sample t test. Hasil dari penelitian didapatkan: 1) Ada pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap hasil pengembangan bahasa anak kelas B di RA Al Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung. Hal tersebut ditunjukkan dari uji paired t test pengembangan bahasa anak antara sebelum dan sesudah pembelajaran media audio visual didapatkan p value 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh alat peraga edukatif terhadap hasil pengembangan bahasa anak kelas B di RA Al Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung. Hal tersebut ditunjukkan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: MURTIYAH 17206163059
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:05
Last Modified: 17 Jun 2020 04:05
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15506

Actions (login required)

View Item View Item