Upaya Guru kelas dalam Pendisiplinan Sholat Fardhu pada Anak di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun 01 Kalidawir

Chamdani Johan Wahyu, Fajrin (2012) Upaya Guru kelas dalam Pendisiplinan Sholat Fardhu pada Anak di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun 01 Kalidawir. [ Skripsi ]

[img] Text
SKRIPSI AWAL.docx

Download (129kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.docx

Download (72kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.docx

Download (40kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.docx

Download (59kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.docx

Download (26kB)
[img] Text
SKRIPSI LAMPIRAN.docx

Download (25kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Upaya Guru dan Pendisilinan Sholat Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan keagamaan yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini dengan mudah dijumpai anak-anak muslim yang belum begitu faham mengenai pembelajaran sholat. Padahal sholat merupakan tiang agama dan menjadi pedoman hidup sehari-hari. Saat ini, anak-anak yang lebih disibukkan dengan sekolah serta kegiatan lainnya, sehingga banyak sekali anak-anak muslim yang kurang disiplin dalam sholatnya. Di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun 01 Kalidawir para guru berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mengajarkan dan mendisiplinkan sholat fardu pada siswanya sehingga akan tercipta kader-kader Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Fokus penelitian masalah dalam skripsi ini adalah: (1) Upaya apa saja yang dilakukan guru kelas dalam pendisiplinan sholat fardhu pada anak di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun 01. (2) Apa hambatan guru kelas dalam pendisiplinan sholat fardhu pada anak di Mi Hidayatuth Tholibin Karangtalun 01. (3) Apa solusi guru kelas untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pendisiplinan sholat fardhu pada anak di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun 01. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru kelas dalam pendisiplinan sholat fardhu pada anak di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun 01. (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan guru kelas dalam pendisiplinan sholat fardhu pada anak di MI Hidayatuth Tholibin. (3) untuk mengetahui solusi guru kelas dalam mengatasi hambatan dalam pendisiplinan sholat fardhu pada anak di MI Hidayatuth Tholibin Karangtalun 01. Skripsi ini sangat bermanfaat bagi penulis khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya untuk bahan refrensi dalam rangka upaya pendisiplinan, sebagai sumbangan pemikiran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau refrensi yang cukup berarti. Skripsi ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah penulis mengadakan penelitian memperoleh hasil bahwa: (1) Upaya yang dilakukan guru kelas dalam pendisiplinan sholat fardhu: melalui pengajaran, melalui pembiasaan, melalui hukuman. (2) Hambatan guru kelas dalam pendisiplinan sholat fardhu: minimnya jam pelajaran fiqih,kurang kesadaran dari siswa, minimnya sarana yang miliki. (3) Solusi untuk mengatasi hambatan dalam pendisiplinan sholat fardu: peran serta orang tua di rumah, melalui bimbingan, membangun/memperluas sarana yang dimiliki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 May 2015 07:40
Last Modified: 08 May 2015 07:40
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item