“The Implementation Of Cognitive Behavioral Counselling At Process Of Haji Narrative Analysis (Self Restructuring As Self Spiritual Counselling)”

Elfi Mu'awanah, - (2020) “The Implementation Of Cognitive Behavioral Counselling At Process Of Haji Narrative Analysis (Self Restructuring As Self Spiritual Counselling)”. Resipotory IAIN Tulungagung, Tulungagung.

[img]
Preview
Text
PROCEDING ISBN 978-989-99864-6-6 ELFI MUAWANAH PORTUGAL MEI 2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ibadah haji merupakan rukun kelima yang idealnya dan wajib dijalankan oleh umat Islam. Kemabruran haji salah satu cirinya adalah adanya perubahan tingkah laku secara positif yang dialami oleh masing-masing jamaah haji dan proses itu hanya terjadi di proses pelaksanaan ibadah haji bukan pada proses lain adanya. Pelaksanaan haji memang seyogyanya mampu dan dimampukan Allah untuk menjalaninya dan memang dilakukan hanya pada waktu musim haji. Perubahan perilaku inilah merupakan produk konseling, dimana kemabruran haji dapat dipandang sebagai self konseling yang merupakan konseling oleh diri sendiri. Di samping itu waktu berubahnya tingkah laku sebagai salah satu indikasi kemabruran jamaah haji terbatasi dengan lamanya watu haji, menjadi lekat dengan berlansungnya waktu proses konseling sehingga lebih mudah diukur lamanya perubahan perilaku dan lamanya proses konseling. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus jamaah haji dan perubahan perilakunya yang masuk dalam kategori keberhasilan konseling yang dilakukan oleh diri sendiri dibantu dengan kekuasaan Illahi.

Item Type: Other
Subjects: Artikel Dosen
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr 197211271996032001 elfi muawanah
Date Deposited: 08 Jun 2020 14:06
Last Modified: 08 Jun 2020 14:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15453

Actions (login required)

View Item View Item