Peer Review: Buku DINAMIKA PERUBAHAN KELEMBAGAAN IAIN (Studi Tentang Peningkatan Mutu dan Daya Saing di IAIN Tulungagung dan IAIN Kediri)

As'aril Muhajir, 2029016801 and SOKIP, 197104202000031004 (2020) Peer Review: Buku DINAMIKA PERUBAHAN KELEMBAGAAN IAIN (Studi Tentang Peningkatan Mutu dan Daya Saing di IAIN Tulungagung dan IAIN Kediri). IAIN Tulungagun Press, Tulungagung.

[img]
Preview
Text
Peer Review-Buku Dinamika Perubahan Kelembagaan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perubahan kelembagaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) pada dekade mutakhir ini yang berkembangan pesat. Hal ini sebagai salah satu ikhtiyar agar PTKI tetap survive di tengah terpaan arus perubahan. Namun seiring laju perubahan tersebut, problem-problem turut mengiringi. Pokok masalah yang dihadapi bermuara pada kesiapan suatu lembaga dalam hal jaminan mutu dan daya saing dengan Perguruan Tinggi lainnya. Fokus penelitian ini adalah: 1) persiapan yang telah dilakukan 2) proses yang telah dilakukan dan 3) eksistensi diri yang telah dilakukan dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing penyelenggaraan pendidikan dalam perubahan bentuk kelembagaan dari STAIN ke IAIN di Tulungagung dan Kediri. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data meliputi sumber data primer yaitu pimpinan lembaga dan data sekunder yaitu dokumentasi terkait perubahan kelembagaan. Teknik pengumpulan data menggunakan kepustakaan, observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui dua tahap; analisis data situs tunggal yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan kemudian analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data meliputi credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan yang dilakukan dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing penyelenggaraan pendidikan dalam perubahan bentuk kelembagaan dari STAIN ke IAIN di Tulungagung dan Kediri meliputi; pembentukan tim, pembuatan borang alih status dan seluruh dokumen yang berkaitan seperti RIP dan Renstra, persiapan dana, SDM, program studi yang ada, penyediaan lahan serta gedung kuliah, penambahan fasilitas dan prasarana. Proses yang dilakukan meliputi; pengangkatan jabatan tiga wakil rektor, dekan, dan wakil dekan, melengkapi jabatan struktural yang lain sesuai statuta, penyusunan visi dan misi serta tujuan Institut, Fakultas serta Pascasarjana, revisi anggaran yang ada di DIPA, melakukan sosialisasi sekaligus launching secara resmi. Eksistensi diri yang dilakukan meliputi; pelengkapan jabatan struktur sesuai statuta, melakukan penataan wadah organ yang ada di fakultas, menginstruksikan agar masing-masing fakultas dan program studi segera mereview visi dan misinya, pengajuan anggaran untuk memenuhi kebutuhan masing-masing fakultas dan pascasarjana. IAIN Tulungagung menambahkan program eksistensi diri berupa pengadaan MoU dengan Menteri Dalam Negeri dan membangun perpustakaan besar yang menunjang alih status menjadi UIN.

Item Type: Other
Subjects: Buku
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr. H. As'aril Muhajir, M.Ag
Date Deposited: 08 Jun 2020 00:15
Last Modified: 08 Jun 2020 00:15
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/15414

Actions (login required)

View Item View Item